Cicipi-Bantuan-Program-P3TGAI-Kades-Bojongmurni-Apresiasi-Budaya-Gotong-Royong-Warganya-1.jpg
Read Time:2 Minute, 4 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan program dari Kementerian PUPR dalam upaya peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabilitas dan peningkatan jaringan dengan cara pemberdayaan masyarakat.

Dikecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Sedikitnya ada 4 titik wilayah di 4 (empat) Desa ditahun 2022 ini mendapatkan bantuan program P3-TGAI dari Kemen PUPR diantara-nya irigasi dititik wilayah Desa Jambuluwuk, Bojongmurni, Pandansari dan wilayah Desa Cileungsi.

Menurut H. Fahmi, Ketua Kelompok Tani P3A Lebak Cisarua 67 mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah melalui Kemen PUPR dimana bantuan program sarana irigasi tersebut yang pertama di Desa Bojongmurni khususnya dua wilayah RT yakni 6 dan 7 di RW 02.

Musyawarah Desa Terkait P3TGAI di Wilayah Kadus 1 Desa Bojongmurni Kecamatan Ciawi.

Sebelum pelaksanaan lanjut Fahmi, Warga masyarakat didua RT tersebut melakukan sosialisasi kemudian kerja bakti bergotong-royong membuka dan pelebaran saluran irigasi diwilayahnya.

“Syukur alhamdulillah, Kami warga disini mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dengan adanya bantuan program P3TGAI yang mana ini pertama kali-nya dan manfaatnya akan kita rasakan setelah selesai pengerjaannya nanti. Warga disinipun sangat antusias dan alhamdulillah hingga saat ini masih menjaga serta merawat kearifan lokal yakni kerja bakti atau gorol hari pertama saja melibatkan puluhan orang warga,” paparnya kepada PenaPublik disela-sela kegiatan awal pada Minggu siang (3/7/2022).

Bahkan kata dia, Ada beberapa warga yang dengan rela menghibahkan sebidang lahannya untuk memperlebar akses irigasi diarea tersebut.

“Program P3TGAI dengan volume panjang hampir 500 meter persegi melibatkan warga lokal sebanyak 20 orang dengan target pengerjaan selama 14 hari kerja. Mudah-mudahan diberikan kelancaran dan manfaatnya bisa dirasakan warga terutama untuk peningkatan ekonomi para petani disini,” ungkapnya penuh harap.

Hal senada dikatakan Nur Aziz, Ketua RT 7 RW 02, Ia merasa bersyukur di tahun 2022 ini lahan pertanian dan perkebunan serta saluran irigasi warga terutama bagi para petani dengan mendapatkan program P3-TGAI dari Kementerian PUPR tersebut.

“Iya, Kami dan para petani, warga disini sangat senang mendapatkan bantuan program itu. Untuk pengerjaan melibatkan warga RT 6 dan 7 RW 02 secara padat karya,” jelasnya.

Ditempat berbeda, Muhammad Kusnadi, Kepala Desa Bojongmurni mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan stakeholder lainnya.

“Semoga hasil dari proyek pembangunan ini besar manfaatnya terutama bisa meningkatkan hasil pertanian dan menaikan taraf ekonomi khususnya petani. Terima kasih juga kepada warga masyarakat khususnya diwilayah RW 02 diantaranya RT 6 dan 7 atas upayanya menjaga serta merawat budaya gotong-royong yang hingga kini masih dipertahankan.” pungkasnya. (FIK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.