PenaPublik_20220907161850.jpg
Read Time:1 Minute, 9 Second

CISARUA, PENAPUBLIK.COM – Pasal 5 Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun 2022 disebutkan bahwa Dana Desa penggunaannya antara lain untuk program Ketahanan Pangan dan Hewani, paling sedikit 20 persen.

Dana Desa tahun 2022 ini sebesar Rp 68 Triliun, Salah satu peruntukkannya untuk Ketahanan Pangan dan Hewani minimal 20 persen, yaitu sebesar Rp.13,6 triliun dari pagu 68 triliun perlu dioptimalkan.

Berdasarkan hasil kesepakatan Musyawarah Desa (Musdes) beberapa waktu lalu, Pemerintah Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Terkait program Ketahanan Pangan dan Hewani sumber anggaran 20 persen Dana Desa tahun 2022 direncanakan untuk pengembangan bidang pertanian bagi 4 Kelompok Tani yang ada di 4 wilayah RW.

“Iya, Kemarin kita baru melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) terkait program Ketahanan Pangan dan Hewani sumber anggaran dari Dana Desa tahun 2022 sebesar 20 persen meskipun memang anggarannya belum turun kang,” terang H. Iwan Setiawan, Kepala Desa Batulayang melalui pesan whatsapp-nya beberapa waktu lalu.

Selain itu kata Iwan, Alokasi lainnya untuk pemberdayaan sekaligus pembentukan KWT (Kelompok Wanita Tani), Pengadaan pupuk dan kebutuhan pertanian yang cukup terjangkau harga-nya.

Kemudian pengembangan lainnya yakni budidaya ikan serta ternak kambing bagi masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani.

“Total anggaran ketahanan pangan dan hewani 20 persen sebesar Rp. 254.000.000. Kita kolaborasi antara Kelompok Tani bersama BUMDes supaya produktifitasnya berkelanjutan, berkembang serta berkesinambungan selain itu juga agar terjadi pemerataan.” tandasnya. (Fik).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.