Wow...Rp-560-Juta-Digelontorkan-Untuk-Pilkades-3-Desa-di-Tamansari.jpg
Read Time:1 Minute, 34 Second

Tamansari, PenaPublik.com – Sedikitnya tiga (3) Desa di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor dipastikan akan menggelar pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak yang diagendakan pada 20 Desember tahun 2020 ini. Ketiga desa tersebut, di antaranya Desa Sukamantri, Sukaresmi dan Sukajadi.

“Iya, Tahapan pilkades sedang dilaksanakan di masing-masing panitia tingkat desa. Di wilayah kami ada 3 desa yang akan melaksanakan pilkades, yaitu Desa Sukamantri, Desa Sukaresmi dan Desa Sukajadi,” kata Hidayat, Sekretaris Kecamatan Tamansari kepada PenaPublik pada Senin siang diruang kerjanya (19/10).

Ia menambahkan, Berdasarkan informasi dari panitia pilkades, sudah ada sekitar 17 orang bakal calon yang menyerahkan berkas pendaftaran, di antaranya 6 orang di Desa Sukamantri, 6 orang di Sukaresmi dan 5 orang di Desa Sukajadi.

Herman,Kasie Pemerintahan Kecamatan Tamansari

Saat disinggung terkait anggaran Pilkades untuk ketiga Desa tersebut, Hidayat mengaku tidak tahu persis karena datanya ada di bagian seksi Pemerintahan.

“Kalau ditanya anggarannya berapa, saya tidak tahu persis soalnya yang megang datanya Pak Herman Kasie Pemerintahan Kecamatan. Tapi kalau untuk jumlah TPS-nya sih saya tahu,” terangnya.

Di tempat yang sama, Herman, Kasi Pemerintahan Kecamatan Tamansari, menjelaskan, Soal anggaran untuk Pilkades itu dilihat dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di masing-masing Desa dan itu belum masuk ke Kecamatan karena tahapannya baru Daftar Pemilihan Sementara (DPS) belum sampai ke penetapan DPT.

“Biasanya DPT itu seminggu atau dua minggu sebelum pelaksanaan, sedangkan untuk sekarang baru daftar pemilih sementara (DPS) dari Dinas Kependudukan, jumlah keseluruhannya ada sekitar 28.210 orang,” ucap Herman.

Menurutnya, Jumlah tersebut tersebar di tiga Desa yaitu Desa Sukamantri sebanyak 12.472 jiwa, Desa Sukaresmi sebanyak 9.290 jiwa dan Desa Sukajadi 6.448 jiwa.

“Kalau kami hitung dari jumlah keseluruhan dan anggaran persatu orang hak pilih dan sudah fiks yakni Rp 20 ribu, maka anggarannya sekitar Rp 564.200.000. Tapi angka ini mungkin saja berubah pada saat penetapan DPT nanti.” pungkasnya.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *