2024 10 02 21 09 25.png.jpg
Read Time:2 Minute, 9 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Rudy Susmanto, Calon Bupati Bogor menyatakan siap membantu mengembangkan kewirausahaan masyarakat di Kabupaten Bogor. Pasalnya, Ia melihat begitu banyak potensi usaha yang dimiliki masyarakat khususnya di sektor pertanian, peternakan, UMKM, wisata, seni budaya dan potensi lainnya.

“Ke depan Pemerintah betul-betul harus bisa men-support sektor apa saja yang menjadi skala prioritas pembangunan Kabupaten Bogor. Nah, saya apabila diberikan mandat oleh masyarakat Kabupaten Bogor, tentu salah satu sektor yang akan diprioritaskan adalah pertanian, peternakan, pariwisata, UMKM, seni budaya, dan sektor lain juga kita prioritaskan untuk kita bangun bersama-sama,” tutur Rudi Susmanto saat dirinya melakukan safari keliling ke sejumlah lokasi di Kecamatan Ciawi dan Caringin pada Selasa (1/10/2024).

Salah satu yang dikunjunginya adalah pabrik penyulingan minyak atsiri minyak pala CV. Cinta Damai milik salah seorang pengusaha bernama H. Taufik Rachmat di Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin sambil bercengkrama dengan beberapa tokoh setempat.

Berbagai aspirasi disampaikan para tokoh, terutama untuk infrastruktur jalan dan saluran irigasi serta Sarana Air Bersih (SAB).

“Ya, kita diskusi tentang pembangunan Kabupaten Bogor ke depan. Banyak potensi yang bisa kita kembangkan dengan bekerjasama bersama Pemerintah dan masyarakat tentunya,” ucap Rudy.

Saat melihat usaha penyulingan minyak pala yang dikembangkan pengusaha H. Taufik, Rudy nampak terlihat kagum.

“Hasil produksinya 700 kilogram per dua hari. Harga satu kilogram-nya Rp1 juta dan sudah ekspor. Artinya, dalam dua hari perusahaan ini bisa mendapatkan pendapatan 700 juta rupiah. Ini yang disebut inspiratif,” ungkapnya.

Sementara di Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Rudy juga mengunjungi peternakan penggemukan sapi di komplek Pondok Pesantren Nurul Hidayah asuhan K.H Aceng.

“Setelah saya melihat sapi-sapi di sini saya langsung takjub melihat sapi PO (Peranakan Ongol) yang bobotnya hampir 1 ton. Lalu kita lihat disini juga sudah ada sapi jenis baru yang masuk ke Indonesia yaitu nama sapinya Belgian Blue dan ada tiga ekor. Nah, tentunya kita melihat bahwa di tengah Kampung pun masyarakat bisa mengembangkan potensi usaha. Bahkan artis Irfan Hakim juga belanjanya di sini. Maka beberapa potensi yang ada di Kabupaten Bogor luar biasa besar dan tentunya inilah pelaku-pelaku ekonomi, para tokoh ulama, tokoh agama yang hari ini membantu menggerakkan perekonomian masyarakat wilayah Kabupaten Bogor,” papar Rudy.

Bahkan Rudy menyebutkan pula bahwa potensi usaha penggemukan sapi sangat besar guna memenuhi kebutuhan pangan daging khususnya di kawasan Jabodetabek.

Pada hari yang sama, Rudy Susmanto juga bersilaturahim dengan pimpinan Majelis Riyadhoh dan Pondok Sabatin di Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, Kakang Muhammad Fuad Rifa’i.

“Alhamdulillah pak Rudy datang untuk bersilaturahmi ke Pondok Sabatin. Saya melihat sosok Pak Rudy orang yang amanah. Mudah-mudahan saya tidak salah ucap.” singkat Kakang sapaan M. Fuad Rifa’i. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + eight =