Membuang Sampah Ke Sungai Sama Dengan Berbuat Dzalim
Read Time:1 Minute, 45 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Dalam rangka pengendalian pencemaran air Sungai dan membuka mindset baru tentang prilaku yang bijak terhadap DAS Ciliwung untuk menjadi sebuah tindakan yang berkelanjutan dalam merawat aliran baru, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia menggelar kegiatan bebersih Ciliwung mulai dari hulu hingga ke hilir agar tercipta aliran sungai yang asri seperti yang kita impikan selama ini.

Yang menarik dari kegiatan tersebut sedianya diikuti oleh ribuan orang yang tergabung dalam berbagai Komunitas atau Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) Kegiatan akan dilangsungkan secara serentak pada Minggu (23/06), Sesuai agenda kegiatan akan dimulai tepat pada pukul 07.20 – 09.20 WIB.

Dalam menunjang dan mensupport event tersebut terutama di Hulu Sungai DAS Ciliwung seperti di wilayah wisata Puncak yakni Kecamatan Cisarua.

Menurut Bayu Ramawanto, Camat Cisarua saat dijumpai PenaPublik mengatakan bahwa pihak Muspika bersama penggerak Ecovillager yang ada diwilayahnya dan beberapa komunitas pegiat peduli lingkungan, Karang Taruna serta para pelajar dibantu warga masyarakat sejauh ini mempersiapkan agar kegiatan tersebut berjalan lancar dan sesuai keinginan.

“Intinya kita mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya yang tinggal dibantaran kali/sungai Ciliwung untuk bersama-sama yang pertama bersih-bersih Ciliwung dan yang kedua setelah dibersihkan jangan membuang sampah di Sungai Ciliwung,” terangnya.

Kasi Ekbang Kecamatan Cisarua saat meninjau kondisi Sungai Cisarua

Karena menurut Bayu, pihaknya menghimbau bagaimana caranya agar warga masyarakat tidak membuang sampah sembarangan apalagi disekitaran Sungai karena itu salah satu perilaku dzalim.

“Rencana sekitar 170-an bekerjasama dengan beberapa komunitas pegiat lingkungan. Kalau hanya membersihkan sampah sih gampang ya, Yang susah itu gimana caranya agar kita tidak membuang sampah di Ciliwung,” pinta Bayu.

Sementara itu menurut Hendra, Kasi Ekbang Kecamatan Cisarua saat meninjau kondisi Sungai Cisarua dan terkait persiapan menjelang event besar dari KLHK RI untuk wilayahnya ini bersama warga masyarakat menyatakan sudah siap untuk mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Ya pada intinya untuk persiapan tanggal 23 Juni sih oke-oke saja, Bersama-sama warga masyarakat siap mensukseskan event tersebut. Mudah-mudahan kegiatan tersebut berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun. Juga kami himbau agar warga tidak sembarang membuang sampah apalagi ke Sungai.” pungkasnya.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *