Desa-Cibedug-Punya-Pengelolaan-Sampah1_PenaPublik
Read Time:1 Minute, 55 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Mulai tersedianya pengelolaan sampah, warga Kampung Cibedug tutup lokasi pembuangan sampah liar di dekat saluran air yang berada sekitar wilayah RT 01 RW 02 Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Saluran air dengan daya tampung yang mengerucut sering kali membuat air meluap karena tertahan sampah yang tersangkut dibadan selokan, kondisi tersebut menggerakan inisiatif dari pengurus Rukun Warga (RW) setempat untuk mengajak warganya bergotong-royong.

Dede Sumantri, Ketua Rukun Warga 02 Desa Cibedug yang akrab disebut Dedes, salah satu inisiator gotong-royong tersebut, mengaku bahwa upaya warga dalam menyentuh permasalahan sampah dan aliran air diwilayahnya menyusul pengelolaan sampah yang juga tengah digalakkan oleh Pemerintah Desa Cibedug yang belum lama mulai beroperasi, membuat warga cukup terbantu karena selama ini kebingungan jika hendak membuang sampah.

Dedes mengungkapkan bahwa, cukup bersyukur karena Pemdes melalui BUMDes-nya sudah memulai menangani sampah di Desa Cibedug.

“Awalnya saya bingung, tadinya mengarahkan warga untuk membuang sampah kemana. Tapi sekarang alhamdulillah sudah ada pengelolaan sampah oleh Bumdes Cibedug,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu kegiatan baru menyentuh wilayah satu RT, rencana-nya dalam waktu dekat wilayah RT lain diarea RW 02 juga segera menyusul untuk gotong-royong memperindah wilayah.

Dengan merapihkan saluran air sekalian bisa mensosialisasikan kepada warga betapa perlunya pengelolaan sampah yang tepat untuk keindahan dan kenyamanan Kampung, Dedes dengan dibantu 3 (tiga) orang Ketua RT menyakini serangkaian upaya yang dilakukan bersama dapat mempermudah kinerja Pemdes kedepan, terutama terkait masalah sampah dan kelestarian lingkungan.

Dedes menambahkan adanya rencana untuk memperindah wilayah agar Kampung Cibedug bisa lebih nyaman lagi.

“Ada rencana biar lebih estetik, pagar penutup area pembuangan sampah liar yang sebelumnya di bangun untuk dihiasi dengan tanaman seperti bunga dan yang lainnya mungkin,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Agus, Ketua RT 01 RW 02, Desa Cibedug mengaku bahwa dirinya juga sangat bersyukur dengan adanya pengelolaan sampah yang kini sudah mulai beroperasi.

“Syukur alhamdulillah, apalagi wilayah RT 01 RW 02 ini kan anggap saja muara dari hampir semua RT yang dilewati aliran kali Cibodogol, biasanya sampah dari air itu lewat wilayah sini, tapi sekarang udah mulai terasa sih,” tuturnya.

Agus juga melihat jika adanya perubahan sejak adanya pengelolaan sampah diwilayah, terbukti dari badan jalan disamping rumahnya sudah tidak lagi berserakan sampah.

“Dijalanan juga biasanya sampah berserakan tapi sekarang lebih bersih, warga juga sudah mulai disiplin gak buang sembarangan.” tandasnya. (Adeas/Fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *