Bukan-Betonisasi-Samisade-Kelurahan-Cisarua-Membangun-1.jpg
Read Time:2 Minute, 12 Second

CISARUA, PENAPUBLIK.COM – Bukan dari bantuan program infrastruktur Satu Milyar Satu Desa (Samisade), Pemerintah Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cisarua mendapat anggaran Kelurahan yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor tahun 2021 dengan nominal anggaran Rp. 120 juta dialokasikan untuk betonisasi Jalan yang terletak di Kampung Cipari RT 03 RW 04, Kelurahan Cisarua.

Menurut Heru Hendrawan, Lurah Cisarua yang ditemui dilokasi pengerjaan infrastruktur jalan mengucapkan rasa syukur dengan bantuan anggaran Kelurahan yang berasal dari APBD Kabupaten Bogor tersebut.

Masih kata Heru, Pihaknya menyebutkan bahwa betonisasi jalan sepanjang 178 meter persegi dengan lebar 3 meter dan tebal 15 cm dengan total anggaran sebanyak Rp 120 juta plus potong pajak.

Lurah Heru Didampingi Ketua LPMK Cisarua Dan Bhabinmas Saat Betonisasi Dikampung Cipari RT 3 RW 04.

“Iya ini kan jalan persimpangan antara batas Desa Leuwimalang dengan Kelurahan Cisarua. Sesuai agenda, Hari ini kami tengah melakukan kegiatan pengecoran jalan di Kampung Cipari RT 03 RW 04 yang seringkali rusak. Mudah-mudahan pengerjaan beres hari ini sampe malem paling namun itu juga tergantung cuaca karena musim penghujan,” tuturnya pada Senin siang (29/11/2021).

Anggaran Kelurahan tersebut kata Heru itu minimal serendah-rendahnya dari Dana Desa yang diperoleh setiap Desa.

“Alhamdulillah ya untuk sarana pisik maupun pemberdayaan saat ini kami dapat-lah untuk menunjang kegiatan di Kelurahan. Meskipun ditahun ini program pemberdayaan terpaksa dialihkan dulu ke infrastruktur karena pandemi covid-19 ya,” terangnya.

Hal senada dikatakan H. Jenih Ismail, Ketua LPM Kelurahan Cisarua, Pihaknya mengaku dikarenakan jalan diwilayah tersebut seringkali rusak oleh resapan air dan saluran irigasi-nya tidak berpungsi dengan baik bahkan sering mengalami banjir disekitar wilayah tersebut. Untuk kedepannya Ia menjanjikan akan segera diperbaiki.

Jenih menambahkan, Terkait anggaran pengecoran jalan tersebut berasal dari APBD untuk anggaran Kelurahan Cisarua tahun 2021 sebesar Rp 120 juta termasuk potong pajak. Kemudian pengerjaannya pun melibatkan Ketua RT dan RW, Unsur kepemudaan juga Karang Taruna serta swadaya warga masyarakat sekitar.

“Rencana pengecoran 2 hari dengan finishingnya dan ini salah satu jalan alternatif juga menuju Puncak sekitarnya, memang seringkali mengalami kerusakan akibat saluran air. Setelah pegecoran beres akan kita upayakan untuk memperbaiki saluran drainase tersebut,” ujarnya.

H. Zaenal Abidin, Salah seorang warga di Kampung Cipari RT 03 RW 04, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cisarua. Ia mengaku jalan yang saat ini sedang dicor seringkali mengalami kerusakan diakibatkan genangan air terlebih lagi jika musim penghujan bahkan terjadi banjir dadakan disekitarnya.

“Bagus ya mudah-mudahan tidak cepat rusak karena diwilayah ini kan suka banjir juga meskipun ada gorong-gorong kecil itu juga mesti diperbaiki agar aliran air lancar tidak ngebendung ke jalanan. Semoga Pemerintah Kelurahan yang sekarang lebih maju dan berkembang lagi sesuai harapan warga masyarakat Cisarua.” pungkasnya penuh harap. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.