PenaPublik_20221124220430.jpg
Read Time:2 Minute, 1 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat, Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan bantuan ke seluruh Desa yang ada di Jawa Barat untuk pembangunan infrastruktur. Bantuan keuangan operasional untuk meningkatkan kinerja aparatur, khususnya tingkat Desa dan Kelurahan.

Dengan begitu, aparat Desa dan Kelurahan mampu mendukung pelayanan prima pada masyarakat serta peningkatan kualitas infrastruktur, terutama di tingkat Desa dan Kelurahan sebagai lini terdepan dalam penyelenggaraan Pemerintahan, pembangunan dan pelayanan prima kepada masyarakat. Pemberian bantuan keuangan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 978/kep.891-BPMPD/2009.

Jelang akhir tahun 2022 ini, Pemerintah Desa Banjarwangi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, tengah merealisasikan pembangunan infrastruktur berupa pengaspalan Jalan Desa dimana anggarannya bersumber dari Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat sebesar Rp 63.450.000,- termasuk pajak sesuai terpampang dalam banner papan proyek tepat dihalaman depan Kantor Desa Banjarwangi.

Kondisi Jalan Sebelum Dilakukan Pengaspalan diwilayah RT 1 RW 02 Desa Banjarwangi Kecamatan Ciawi.

Menurut Oding Saputra, Sekdes mewakili Kepala Desa Banjarwangi mengatakan bahwa terkait Banprov tahun 2022 dialokasikan untuk TPPAD perangkat Desa, Untuk BPD, Revitalisasi Posyandu operasionalnya kemudian sisa-nya untuk pembangunan infrastruktur Desa berupa pengaspalan jalan.

“Kami alokasikan untuk pengaspalan Jalan Desa dengan volume panjang 150 meter x lebar 3 meter x tinggi 2 cm dengan targetnya selama 5 hari kerja. Pengaspalan jalan dilakukan diwilayah RT 1 RW 02,” ucapnya saat dijumpai disela-sela kegiatan pengaspalan pada Kamis (24/11).

Dengan infrastruktur pengaspalan yang dilakukan tersebut kata Oding, Sedikit banyak membantu serta menunjang tingkat dan sarana perekonomian bagi warga sekitar terutama diwilayah RW 02, Selain itu Jalan tersebut juga menghubungkan wilayah lainnya.

“Alhamdulillah warga sekitar maupun dari luar wilayah sangat terbantu dan bermanfaat tentu-nya sehingga membuat nyaman saat hilir mudik diwilayah ini. Terima kasih kami ucapkan khususnya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam hal ini. Mudah-mudahan warga bisa merawat serta memelihara jalan lingkungan tersebut,” tuturnya.

Ditempat yang sama, N. Yoestine, Ketua RT 1 RW 02, Kampung Banjarwaru, Desa Banjarwangi mengaku sebelum ada proyek pengaspalan jalan diwilayah tersebut memang masih banyak bebatuan disekitarnya.

Sebelum diaspal kata Yoestine, Pihak Pemerintah Desa Banjarwangi melakukan koordinasi dengan dirinya dan Ketua RW setempat.

“Sebelumnya sih masih terlihat berlubang dan banyak bebatuan padahal jalan ini menghubungkan juga dengan wilayah RT dan RW lainnya selain itu aksesnya cukup strategis. Alhamdulillah sekarang nampak terlihat rapih dan bagus jalan disini. Terima kasih kepada Pemerintah, baik Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi atas bantuan infrastruktur pengaspalan ini sehingga bermanfaat bagi pengguna jalan.” pungkasnya.

Reporter : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *