Launching-Samisade-Cileungsi-Camat-Ciawi-Bak-Insinyur-Ahli-Tata-Bangunan-1.jpg
Read Time:2 Minute, 11 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Program bantuan keuangan infrastruktur Satu Milyar Satu Desa (SAMISADE) tahun 2021 yang hanya ada di Kabupaten Bogor se-Indonesia saat ini
tengah direalisasikan sedikitnya oleh 9 Desa diwilayah Kecamatan Ciawi dimana sebelumnya 4 Desa diantaranya Telukpinang, Banjarsari, Citapen dan Desa Bojongmurni sudah dalam tahap penyelesaian pengerjaan.

Didesa Cileungsi, Camat Ciawi menghadiri peletakan batu pertama bersama Kepala Desa didampingi aparatur dan lembaga Pemerintah termasuk Pendamping Desa Kecamatan Ciawi, Babinsa, Bhabinmas dalam rangka launching Samisade dipenghujung tahun 2021. Kegiatan digelar pada Kamis (16/12).

Menurut Baban Subandi, Kepala Desa Cileungsi saat ditemui PenaPublik mengucapkan rasa syukur atas bantuan program infrastruktur Samisade yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor tahun 2021 dimana tadi sudah dilakukan launching dihadiri oleh Camat Ciawi serta unsur lainnya.

Adi Henryana Camat Ciawi Saat Peletakan Batu Pertama Launching Samisade Desa Cilengsi Pada Kamis (16/12/2021).

Lanjutnya kata Baban, Dengan bantuan anggaran tersebut pihaknya bersama team TPK Desa dan unsur lembaga serta melibatkan warga masyarakat berencana melakukan pengerjaan di dua titik.

“Dari anggaran samisade rencana kita dua titik yakni pembangunan TPT berlokasi di RW 02 dengan RW 03, sedikitnya ada 3 wilayah RT yang dilalui jadi akan kita bangun TPT-nya terlebih dahulu. Sementara ini akses disana hanya bisa dilalui oleh roda dua ya,” terangnya.

Ia menambahkan setelah menerima bantuan program samisade, Pihaknya berharap akses diwilayah tersebut dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

“Nominal samisade 980 juta-an lebih, persatu titiknya kurang lebih rp 440 juta-an lah. Kedepannya dengan dibuka-nya akses yang bisa dilalui kendaraan roda empat setidaknya bakal menunjang dari segi peningkatan ekonomi warga selain bisa menyerap tenaga kerja disana tentu-nya. Karena 100 persen dikerjakan oleh warga Desa Cileungsi. Terima kasih kepada Ibu Bupati dengan program Samisade-nya dan ini akan bermanfaat bagi kami,” paparnya.

Hal senada dikatakan Hendi, Pendamping Desa Kecamatan Ciawi seusai menghadiri launching mengatakan secara umum pelaksanaan peresmian samisade oleh 9 Desa sudah dilakukan.

Ia berharap terutama kepada Kepala Desa agar mengalokasikan anggaran samisade tahun 2021 ini sesuai dengan aturan dan teknis yang benar juga amanah dalam pengerjaannya.

“Iya alhamdulillah dari perubahan APBD Kabupaten Bogor, 9 Desa di Kecamatan Ciawi dipenghujung tahun 2021 ini akhirnya cair dan sudah melaksanakan launching. Tadi kita saksikan bersama peletakan batu pertama oleh Pak Kades Cileungsi didampingi Pak Camat Ciawi,” kata Hendi.

Dengan kondisi musim penghujan seperti saat ini kata Hendi pastinya ada kendala terutama didalam teknis pengerjaannya.

“Tahap satu 40 persen sudah dicairkan tinggal tahap dua 60 persen samisade akan secepatnya juga dicairkan. Saya himbau kepada para Kepala Desa agar menggunakan dana tersebut secara efektif dan benar-benar untuk kepentingan masyarakat jangan untuk kepentingan pribadi semata.” tandasnya. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.