2023-05-31_15-15-53.png
Read Time:2 Minute, 1 Second

CISARUA, PENAPUBLIK.COM РPemerintah melalui Menteri Keuangan Republik Indonesia menekankan agar penggunaan Dana Desa tahun 2023 agar fokus kebeberapa kegiatan yang menjadi penekanan pemerintah diantaranya penanganan kemiskinan ekstrim serta penguatan ketahanan pangan, Disamping tetap ada pencegahan dan penanganan bayi stunting.

Adapun fokus kewenangan pemanfaatan Dana Desa, yakni bidang Pemerintahan, Pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Hanya saja prioritas penggunaan Dana Desa masih sebatas kedua bidang dimaksud karena dukungan Dana Desa masih terbatas.

Dalam realisasi sumber anggaran Dana Desa tahap pertama tahun 2023, Selain penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, Pemerintah Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Saat ini tengah melaksanakan realisasi pembangunan infrastruktur jalan di dua titik wilayah.

Bahkan menurut Lili, Salah seorang Kepala Dusun (Kadus) IV meliputi RW 09 dan 11 menuturkan bahwa Jalan yang dahulu-nya belum pernah tersentuh oleh anggaran Dana Desa, Namun seiring berjalan waktu akhirnya tahun 2023 ini bisa terealisasi terutama jalan penghubung antara Kampung Gandamanah dengan wilayah Jalan Bujung Kawung.

“Iya, Itu dari pertama ada jalan belum pernah tersentuh, Alhamdulillah hadirnya Pak Kades setidaknya bisa terakomodir. Terlebih lagi jalan tersebut juga sebagai akses ke peternakan sapi dan kalau dilalui pakai motor itu jalan alternatif menuju Desa Cibeureum,” terang Lili mantan Ketua RT dan RW.

Lanjutnya kata Lili, Pengerjaan betonisasi jalan dengan volume panjang kurang lebih 274 meter persegi itupun sudah beres pengerjaannya pada 13 Mei 2023.

“Lokasi berada di Kampung Gandamanah wilayah RW 11 menghubungkan RW 12 dimana sebelumnya pengerjaan diwilayah RW 10. Jadi itu antara Dusun 4 dengan Dusun 6, Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Desa Tugu Selatan dengan bantuan program infrastruktur tersebut bisa bermanfaat tentu-nya tinggal warga sekitar memelihara dan merawat-nya,” papar Lili saat ditemui di Kantor Desa pada Selasa siang (30/5).

Ditempat berbeda, M. Eko Windiana, Kepala Desa Tugu Selatan terkait realisasi Dana Desa tahap pertama tahun 2023 ini dirinya mengatakan sedikitnya ada 2 (dua) infrastruktur jalan yang telah rampung pengerjaannya.

“Iya tahun 2023 ini Dana Desa tahap pertama kita udah kerjakan untuk infrastruktur ada dua jalan dengan betonisasi yakni di Jalan Kampung Bujung Kawung dan Jalan Rioma Sukamaju,” kata Eko via pesan whatsapp-nya pada Selasa (30/5).

Sementara untuk program ketahanan pangan dan penanganan stunting kata Eko masih menjadi prioritas.

“Kita masih alokasikan untuk peternakan sapi dan pendampingan Kelompok Tani (KT) Ternak Tugu Mandiri. Kemudian penanganan stunting tetap sesuai amanah juga masih menjadi prioritas melalui alokasi Dana Desa.” pungkasnya. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *