20230724075130.jpg
Read Time:1 Minute, 27 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Program bantuan keuangan infrastruktur yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor yakni Satu Miliar Satu Desa (Samisade) 2023 saat ini tengah direalisasikan Pemerintah Desa Bojongmurni, Kecamatan Ciawi.

Menurut Muhammad Kusnadi, Kepala Desa Bojongmurni mengatakan bahwa anggaran bantuan keuangan infrastruktur Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun 2023 di 13 Desa se-Kecamatan Ciawi sudah tahapan pencairan beberapa hari setelah ada kunjungan Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan dalam acara Boling.

Namun diakuinya, Tahun ini tidak ada launching hanya sosialisasi dan rapat atau musyawarah warga dengan TPK Desa.

Adapun realisasi tersebut kata Kusnadi berupa pengaspalan Jalan Desa menghubungkan Desa tetangga yakni Desa Cibedug.

“Iya, Sudah cair dan kemarin pada hari Jum’at (21/7) kita adakan sosialisasi melalui musyawarah warga terkait pelaksanaan realisasi Samisade 2023. Nah, Untuk kali ini kita tidak menggelar launching seperti tahun lalu karena itu tidak termasuk dalam rangkaian tahapan meskipun mungkin Desa yang lain ada yang melakukannya. Hari ini baru mulai pelaksanaan pengaspalan Jalan lingkungan di 2 titik wilayah,” ucapnya pada Minggu siang (23/7).

Dua (2) titik wilayah tersebut kata Madun sapaan akrabnya meliputi Kampung Jambuluwuk RT 03 RW 01 hingga Kampung Babakan RT 05 RW 02.

Lokasi Pengaspalan Desa Bojongmurni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Titik yang kedua yakni Kampung Jambuluwuk RT 06 dan 07 diwilayah RW 02.

“Jadi pengaspalan di dua titik wilayah dengan total anggaran Samisade Rp 867 juta. Saya himbau kepada warga dan pengguna jalan agar bisa menjaga serta merawatnya,” tutur Kusnadi.

Salah seorang warga setempat mengaku senang karena jalan yang rusak tersebut akhirnya bisa diperbaiki kembali.

“Alhamdulillah sekarang mah aksesnya makin lancar untuk dilalui sehingga berdampak juga pada sektor ekonomi. Terima kasih kepada Pemerintah Desa Bojongmurni, baik yang sebelumnya maupun saat ini menjabat yang sudah mendengarkan usulan kami warga disini.” pungkasnya.

Laporan : FIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + five =