Bantu-Masyarakat-Putus-Sekolah-Tagar-Motekar-Katar-Cisalada-Bentuk-Kelas-Jauh-PKBM-Ibnu-Rusy.jpg
Read Time:1 Minute, 28 Second

CIGOMBONG, PENAPUBLIK.COM – Sosialisasi kelas jauh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ibnu Rusy bersama Komunitas Tagar Motekar dan Karang Taruna Desa Cisalada dalam upaya membantu masyarakat khususnya anak muda usia produktif yang putus sekolah agar memiliki keterampilan dan ijazah demi masa depannya nanti.

Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut bertempat di Desa Cisalada, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Pada Rabu (23/2/2022).

Menurut Indra, Ketua Katar Desa Cisalada, Ia mengatakan bahwa kelas jauh PKBM Ibnu Rusy tersebut diharapkan mampu mencetak lulusan warga belajar dengan memiliki keterampilan sebagai bekal dimasa yang akan datang.

“Maka, Assessment dari tutor harus kerap dilakukan terhadap warga belajar dengan tujuan diberikan program kecakapan hidup. Sehingga, lulusan tersebut mampu bersaing atau masuk ke pasar kerja sesuai keterampilannya,” terang Indra.

Selain itu kata Indra, Sosialisasi kelas jauh PKBM Ibnu Rusy akan dijadikan catatan sejarah kelak.

“Kita berharap ini bisa menjadi barometer pendidikan non formal khususnya di Kecamatan Cigombong,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Begi Al Huda, Ketua komunitas Tagar Motekar menuturkan, bahwa kelas jauh PKBM Ibnu Rusy merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan derajat pendidikan khususnya di Desa Cisalada dan sekitarnya.

“Kami berharap dalam pelaksanaan kelas jauh PKBM Ibnu Rusy bisa terjalin link and match untuk para generasi muda, dan mampu mengakomodir lebih maksimal bagi warga yang putus sekolah sehingga bisa terjadi pemerataan pendidikan di masyarakat,” ungkap Begi penuh harap.

Menurutnya, PKBM tersebut itu pun side effectnya akan terciptanya korelasi antara ilmu dan dunia kerja serta mampu bersinergi dengan program-program pendidikan yang lainnya.

Sementara itu, Tb. Akhmas Khoerul, Ketua Yayasan Ibnu Rusy dalam pesannya menyampaikan bahwa generasi muda yang dibekali ilmu tidak akan tertinggal dalam persaingan dunia kerja.

“Kami sangat mengapresiasi langkah Komunitas Tagar Motekar dan Katar Desa Cisalada dalam menyelenggarakan kelas jauh PKBM Ibnu Rusy tersebut dan semoga bermanfaat khususnya bagi masyarakat.” pungkasnya. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.