Bencana Longsor Kembali Menimpa Warga Tamansari Butuh Perhatian Pemkab 1.jpg
Read Time:1 Minute, 16 Second

TAMANSARI, PENAPUBLIK.COM – Tebingan tanah setinggi kurang lebih 3 meter persegi mengakibatkan longsor dan menimpa 1 unit rumah atas nama Pandi (50 tahun), Salah seorang warga Kampung Loa, RT 3 RW 09, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari.

Diberitakan sebelum kejadian tanah longsor, Intensitas hujan cukup tinggi disertai angin kencang terjadi sejak siang hingga petang dibeberapa titik wilayah Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Pada Selasa (18/1/2022).

“Iya, Kejadian kurang lebih sekitar pukul 18.30 WIB. Menimpa rumah Pak Pandi, Terlihat kamar mandi-nya jebol. Namun tidak ada korban jiwa,” ujar salah seorang warga setempat.

Musibah Longsor Diwilayah kampung Loa Rt 03 Rw 09 Desa Tamansari.

Ditempat berbeda, Sunandar, Kepala Desa Tamansari seperti dikutip dari media yang menayangkan sebelumnya, Ia menyampaikan berdasarkan pengakuan dari korban, Awalnya saat terjadi ketika ada gempa pada hari Jumat (14/1), dampak dari getaran gempa, rumah warga tersebut sudah mulai terlihat retak.

“Ditambah beberapa hari ini intensitas hujan cukup tinggi, benteng penahan tanah yang di bangun disinyalir kontruksinya kurang kuat sehingga mengakibatkan longsor,” terangnya.

Pihaknya kata Sunandar, Langsung melakukan upaya evakuasi terhadap korban terdampak bencana dan berkoordinasi bersama instansi terkait.

“Tadi malam sudah didatangi dan ditinjau oleh para RT, RW setempat, BPD, Pol PP. Kami juga menghubungi BPBD Kabupaten Bogor untuk evakuasi kembali,” ucapnya.

Pihaknya saat ini tengah mengupayakan swadaya untuk membantu korban terdampak diwilayah Kampung Loa tersebut.

“Secara kebetulan di awal tahun memang belum ada anggaran yang turun ke Desa. Tapi sejauh ini Pemdes Tamansari berupaya untuk menggerakkan masyarakat bergotong royong untuk membantu korban.” tandasnya. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + 8 =