Dari-Dana-Desa-Tahun-2021-Ini-Pemdes-Citeko-Akan-Segera-Miliki-Mobil-Ambulans.jpg
Read Time:2 Minute, 21 Second

CISARUA, PENAPUBLIK.COM – Ambulans Desa adalah mobil milik warga yang secara sukarela disiagakan salah satunya untuk membantu ibu hamil yang telah tiba masa persalinannya atau ibu hamil yang diharuskan untuk memeriksakan diri ke fasilitas yang lebih memadai dari apa yang ada di tempat Ia tinggal atau berada.

Dari manfaatnya, Ambulans Desa juga sebagai salah satu bentuk semangat gotong royong dan saling peduli sesama warga Desa dalam sistem rujukan dari Desa ke unit rujukan kesehatan yang berbentuk alat transportasi yang dapat digunakan untuk mengantarkan warga yang membutuhkan pertolongan serta perawatan di tempat pelayanan kesehatan.

Dan di tahun 2021 ini, Pemerintah Desa Citeko, Kecamatan Cisarua tengah berupaya merealisasikan hal tersebut (ambulans Desa-red) yang kebermanfaatannya diperuntukkan bagi warga masyarakat terutama Ibu hamil yang akan melahirkan. Meskipun masih dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini, Direncanakan mobil ambulans untuk Desa Citeko sedia-nya akan hadir sekitar Bulan Oktober 2021.

Saat Kegiatan Penyaluran BLT Dana Desa Tahap Pertama Bulan Kelima.

Menurut H. Sahrudin, S.IP, Kepala Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Saat ditemui disela-sela kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Bulan ke-5 tahap pertama, Terkait pengadaan mobil ambulans Desa pihaknya akan berupaya bagaimana caranya hal tersebut bisa terwujud di Tahun 2021 ini.

“Iya pengadaan mobil Ambulan itu dari Dana Desa tahap II, Jika tak ada kendala rencananya di Bulan Oktober tahun 2021 ini akan hadir ditengah-tengah kita. Sementara untuk nominalnya sebesar 270 juta dan unit ambulannya pun itu kelas 1,” terangnya pada Sabtu pagi (26/6).

Hal senada dikatakan Aang Muklis, Tenaga Ahli (TA) DPMD Kabupaten Bogor mengatakan pengadaan mobil ambulan untuk Desa Citeko itu sumber anggarannya berasal dari Dana Desa Tahap kedua tahun 2021 dimana slot anggarannya dipakai dari program SDGs yang saat ini tengah dilakukan.

“Dari Dana Desa yang mana peruntukkannya dari program SDGs tahap kedua, Karena kalo anggaran lainnya kan kepake untuk penanganan Covid-19. Harapannya ya Desa bisa mengalokasikannya atau dia recofucing dan untuk realisasinya tergantung Desa pada saat mengajukan,” paparnya.

Sementara itu Iman Sukarya, S.PdI, Pendamping Desa Kecamatan Cisarua saat ditanya Desa mana saja yang saat ini sudah memiliki mobil ambulan Desa, Dirinya menyebut sedikitnya ada 3 Desa di Kecamatan Cisarua yang telah memiliki mobil ambulan, Dimana itu anggarannya berasal dari Dana Desa.

“Desa Tugu Selatan, Jogjogan dan Kopo sudah memiliki ambulan dan itu dari Dana Desa tahun 2020 lalu. Mudah-mudahan mobil ambulans Desa Citeko juga segera terealisasi di tahun 2021 ini.” tandasnya.

Tepat didepan halaman Kantor Desa Citeko, Puluhan warga masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) untuk Bulan kelima (5) di tahap pertama Dana Desa tahun 2021 mulai berdatangan dan hadir sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Sinergitas Pemdes dengan kelembagaan yang ada nampak terlihat dilokasi kegiatan yang digelar pada Sabtu pagi (26/6) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Pewarta : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.