20231016214535.jpg
Read Time:1 Minute, 39 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Rotasi jabatan yang  dilakukan Bupati Bogor mendapat sorotan, Kali ini dari salah satu Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) yakni Indonesia Moralitty Watch (IMW). Terlebih  untuk yang sedang menjadi  Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Menurut Ahmad Rifai Sogiri, Sekretaris Bogor Raya LSM Indonesia Moralitty Watch (IMW), menyebut bahwa keputusan Bupati Bogor yang melakukan rotasi bagi yang sedang menyandang sebagai PPK baik-nya ditunda dulu sampai rampung masa jabatannya sebagai PPK.

“Seperti yang terjadi di Dinas PUPR, pada UPT Jalan dan jembatan wilayah III Ciawi disitu Kasubag TU sebagai PPK di beberapa titik pembangunan infrastruktur yang baru saja di mulai pelaksanaan-nya, Sebab di khawatirkan nanti terjadi kendala di lapangan karena PPK sendiri telah pindah tugas,” tuturnya pada Senin (16/10/2023).

Masih kata Rifai, Ia menyebut bahwa dalam Perpres nomor 16 tahun 2018, yang dimaksud dengan PPK adalah, Pejabat yang bertanggung-jawab atas pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

Salah satu tugas PPK sendiri, menetapkan rencana pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, sehingga PPK merupakan pihak yang sangat penting untuk menentukan suksesnya kegiatan pengadaan barang dan jasa.

“Melakukan pengawasan dan peneguran terhadap penyedia jasa saat ada ketimpangan disebuah proyek, itukan merupakan salah satu tupoksi sebagai PPK, Seperti terjadi di proyek DPT pada ruas jalan Banjarwaru hingga Tapos, para pekerja sempat berhenti kerja karena kekurangan bahan material. Seharusnya PPK juga  turut menegur-nya kenapa sampai terjadi itu,” paparnya.

Sementara itu Rizki Akbar, Kepala UPT Jalan Dan Jembatan Wilayah III Ciawi mengatakan bahwa kekosongan PPK pada proyek infrastruktur yang sedang berjalan di wilayah tugas-nya,   dalam waktu sementara bisa di handle oleh Kepala UPT.

“Kekosongan itu sementara bisa  ditangani oleh kepala UPT,” ucapnya saat ditemui pada Senin (16/10).

Ia juga menjelaskan, kekosongan  PPK tersebut akan segera diganti  dari orang Dinas terkait.

“Ya sementara ini oleh saya sendiri, tetapi untuk selanjutnya sudah ada dipersiapkan orang-nya dari Dinas.” pungkas Bombom sapaan akrab Rizki Akbar. (Taufik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 + sixteen =