Jelang Pemilu 2024 Panwascam Cisarua Gelar Bimtek Pengawasan Partisipatif1.jpg
Read Time:1 Minute, 39 Second

CISARUA, PENAPUBLIK.COM – Menjelang momentum Pemilu mendatang yang sedianya secara serentak akan digelar pada 14 Februari 2024, Panwascam Kecamatan Cisarua menggelar kegiatan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024.

Kegiatan dihadiri PPK, Kasi Trantib, Komisioner Bawaslu tingkat Kecamatan Cisarua, Ketua Panwascam, PKD, Para Ketua RT dan RW se-Kelurahan Cisarua bertempat diruang aula Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cisarua pada Senin siang (17/7/2023).

Diketahui, Pemungutan suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPD, DPRD Kabupaten dan Kota sedianya akan digelar pada 14 Februari 2024. Sementara untuk Pemilukada seperti Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati/Wakil serta Walikota dan Wakil itu digelar sekitar bulan November 2024.

Menurut Arbik, Sekretaris PPK Kecamatan Cisarua yang ditemui seusai kegiatan mengatakan bahwa sosialisasi tersebut memungkinkan terjadinya perubahan dalam DPT untuk Pemilu 2024 mendatang seperti pemilih yang meninggal dunia, pindah tempat tinggal dan lain sebagainya.

“Iya dalam kegiatan tadi kita mensosialisasikan dan Bimtek sekaligus memberikan arahan didalamnya kepada para Ketua RT, RW termasuk juga kemungkinan-kemungkinan terjadinya perubahan dalam DPT,” terangnya.

Arbik yang juga Kasi Pemerintahan di Kecamatan Cisarua menuturkan jika diwilayahnya tersebut ada salah seorang Kepala Desa yang mencalonkan diri menjadi Caleg dari Partai tertentu, baik untuk DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPD maupun DPR RI, Maka ia harus mengundurkan diri dan bersurat ke Bupati melalui partai pengusung.

“Surat pengunduran dirinya itu sampai 14 Mei lalu disertai bukti tanda terima. Kemudian bukti pemberhentian dari Bupati-nya diserahkan nanti disaat pencermatan sebelum DCT waktunya tanggal 24 September dan ditutup 3 Oktober 2023,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kusnadi Iskandar, Ketua Panwascam Kecamatan Cisarua, mengatakan kegiatan sosialisasi dan bimtek pengawasan partisipatif termasuk didalamnya membahas terkait pemilih pemula.

Lanjutnya kata Akuy sapaan akrabnya kegiatan tersebut diikuti para Ketua RT dan RW, PKD dan Komisioner Bawaslu tingkat Kecamatan Cisarua dengan harapan akan terwujudnya Pemilu yang bahagia, sukses tanpa ekses.

“Ini sebagai rangkaian atau tahapan kegiatan menjelang Pemilu 2024 mendatang, Mari kita kawal bersama-sama agar terwujud Pemilu 2024 yang Jurdil sesuai harapan seluruh masyarakat Indonesia.” pungkasnya penuh ekspektasi. (FIK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine − 6 =