PenaPublik_20221128210807.jpg
Read Time:1 Minute, 50 Second

MEGAMENDUNG, PENAPUBLIK.COM – Mayor Inf Tb Eka Purnama, Danramil 0621-10 Cisarua-Megamendung yang menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Pembinaan dan Pemantapan Bela Negara bagi puluhan peserta dari unsur pelajar di Kabupaten Bogor tahun 2022 mengatakan sekaligus berpesan bahwa sejatinya seluruh komponen Bangsa turut mengamalkan sila atau nilai yang terkandung dalam falsafah Pancasila.

“Perlu kita ketahui bahwa Pancasila merupakan pandangan hidup Bangsa sekaligus sumber hukum yang ada di Indonesia, maka satu keharusan kita melaksanakan amanat nilai sila-sila dari Pancasila secara konsisten,” ucap Tb Eka sapaan akrabnya.

Lanjutnya kata Eka, Sejarah telah mencatat bahwa proklamasi yang dikumandangkan para pendiri Bangsa  merupakan usaha untuk mencari jati diri salah satunya dengan merebut hak untuk merdeka dan memiliki pandangan hidup dari falsafah Pancasila.

“Untuk itu kita harus menjadi Bangsa yang berkepribadian terpuji dan dihormati oleh bangsa serta negara lain. Saya berpesan untuk para pelajar jangan lupa hormati, sayangi Ibu dan Bapak kalian, Maka insyaAllah kalian akan menjadi orang yang sukses dan berakhlak. Karena suatu saat nanti kelak kalian akan menjadi pengganti kami kelak,” paparnya.

Sementara itu Agus Hasan Selamet, Sekban Kesbangpol Kabupaten Bogor dalam sambutan kegiatan tersebut mengatakan bahwa kemajuan teknologi informasi pada era globalisasi saat ini telah mendorong perubahan perilaku dan nilai dimata masyarakat Indonesia.

Disisi yang lain, Kemajuan di bidang teknologi informasi juga sedikit banyaknya telah menyebabkan hilangnya jati diri sebagai generasi Bangsa yang santun dalam berbudaya.

Disamping itu pula adanya ancaman, Tantangan dan gangguan baik dari dalam dan luar pun datang tanpa pandang bulu.

“Apabila tidak dihadapi dan diselesaikan dengan baik agar berpotensi mengancam kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terang Agus Hasan.

Menurutnya, Ancaman dari dalam negeri seperti permasalahan tingkat kemiskinan terus bertambah bahkan saat ini yang menggunakan narkoba merupakan permasalahan-permasalahan yang harus segera dihadapi dan diupayakan.

“Adapun ancaman dari luar negeri salah satunya adalah dampak negatif era globalisasi yang dapat mengikis nilai-nilai kebangsaan dan kultur budaya yang ada di masyarakat,” jelasnya.

Berdasarkan pada kajian tersebut itulah kata Agus Hasan, Kesbangpol Kabupaten Bogor menggelar kegiatan pembinaan dan pemantapan bela negara yang diikuti oleh sedikitnya 50 orang pelajar.

Kegiatan berlangsung tertib dan lancar digelar di Hotel New Ayuda, Jalan Raya Puncak KM 17 Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. (Fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *