Berita_20190407071042_PenaPublik.jpg
Read Time:1 Minute, 39 Second

Ciawi, PenaPublik.com – Sesuai agenda yang telah disepakati bersama, Majelis Burdah Miftahussalamah, yang beralamat di Jalan Veteran III Gang Salam, Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi, menggelar kegiatan Ziarah Qubro yang ke-6, pada Sabtu (6/4).

Kurang lebih 2000 kendaraan roda dua berkumpul dan mengikuti konvoy bersama para santri serta jama’ah dari berbagai majelis taklim se-Bogor Raya yang dikomandoi pimpin oleh Habib Nabil Alhabsy, Pimpinan Majelis Taklim Burdah Miftahussalamah.

“Kegiatan Konvoy tersebut dalam rangka melaksanakan Ziarah Qubro yang rutin setiap tahun di laksanakan menjelang datangnya bulan Ramadhan,” ungkap Ujang warga Ciawi.

Relawan dari Kaum Ibu menyediakan makanan dan minuman

Ziarah Qubro tersebut dalam rangka mengenang perjalanan Rasullah SAW pada masa perjuangan menyebarkan ajaran-ajaran Islam.

“Tetapi sekarang hanyalah menuju tempat-tempat para tokoh-tokoh agama dan para Habaib serta tempat para Alim Ulama yang membesarkan agama Islam dan membela agama Allah yang berada di seputaran Kota dan Kabupaten Bogor,” kata seorang Ustad yang sudah 3 kali mengikuti kegiatan Ziarah Qubro tersebut.

Adapun start dimulai dari Majelis Burdah Miftahussalamah Banjarsari menuju Kampung Bakom, Ciawi kemudian dilanjutkan perjalanan konvoy menuju Empang – Tanah Sareal, Kota Bogor dan kembali ke Ciawi yakni di Masjid Amaliah sekaligus Ishoma.

Seusai menunaikan sholat Dzuhur, Ribuan kendaraan yang didominasi roda dua melanjutkan perjalanan menuju Cisarua lalu ke Desa Cibeureum dan berakhir di Majelis K.H Rohmatulloh, wilayah Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Para pengikut konvoy diwajibkan mengumandangkan asma-asma Allah dan dilarang berteriak terlebih lagi kalimat yang bisa menyinggung seseorang atau golongan.

“Karena kegiatan Ziarah Qubro tersebut ini murni dalam memperingati perjalanan Rosulullah SAW, bukan sebagai ajang politik.” ungkap salah satu panitia.

Dilaporkan kegiatan Ziarah Qubro selesai pada pukul 15.00 WIB dengan lancar, aman dan kondusip. Yang menarik dari kegiatan tersebut banyak dari kalangan warga masyarakat dibeberapa titik wilayah seperti Lampu Merah Gadog depan Masjid Harakatul Jannah dan Depan Rest Area Semesta Cilember yang ikut membantu menyediakan makanan dan minuman untuk para peserta Ziarah Qubro.

Kontributor : E.M. Mahesa FKDM Ciawi
Editor : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.