Penguatan-Ekonomi-Rakyat-Kades-Banjarsari-Bersama-Pemuda-Kelola-Bisnis-Ikan-Nila-Merah-1.jpg
Read Time:1 Minute, 20 Second

Ciawi, PenaPublik.com – Pandemi Covid-19 saat ini tidak hanya berdampak pada masyarakat di perkotaan. Masyarakat yang berada di pedesaan juga turut merasakan dampak dari pandemi yang melanda setidaknya di 215 Negara di Dunia.

Salah satu upaya penguatan dibidang ekonomi rakyat, Seperti yang dilakukan oleh Misbah, Kepala Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Ia memanfaatkan selokan air disekitar area rumahnya dengan memelihara ikan mas, Nila merah dan ikan-ikan lainnya.

Saat ditemui disekitar rumahnya di Kampung Kambangan Gang Salam RT 4 RW 05, Nampak terlihat Misbah beserta warga setempat sedang memanen ikan yang kemudian dijual kepada pedagang ikan yang sudah dikenal dan biasa datang kerumahnya tersebut.

Salah Satu Kolam Ikan Nila Merah Yang Ada Dikampung Kambangan

“Iya kita borongin nih katanya buat dipemancingan. Belum lama sebanyak 2 kwintal juga saya jual khusus ikan nila merah yang berada disebelah sana,” ucapnya sambil menunjukkan kolam ikan nila merah yang berdekatan dengan Majlis Taklim.

Masih kata Misbah, Dirinya berencana kedepan itu akan membentuk Kelompok Petani ikan yang diinisiasi dan pengurusnya pun dari kalangan pemuda serta warga Banjarsari.

“Ya alhamdulillah kang buat tambahan penghasilan agar dapur ngebul lah, Sekarang saja kita jual sebanyak 1 kwintal nih. Selain pedagang ikan diwilayah, Untuk ikan nila merah kami supplay juga ke beberapa rumah makan,” terangnya pada Jum’at sore (25/09).

Sementara itu M. Sulaiman atau biasa disapa Gareng, Warga setempat mengaku bersama rekan-rekannya yang didukung Kepala Desa kedepannya memang berencana membentuk Kelompok Petani ikan diwilayahnya.

“Iya lumayan aja mengisi waktu luang selain itu nantinya menghasilkan juga, Itung-itung belajar berbisnis dan mengelola usaha perikanan bersama temen-temen disini.” tandasnya.

Reporter : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.