Pemdes-Sukamahi-Gandeng-BPBD-Gembleng-Puluhan-Relawan-Destana-1.jpg
Read Time:1 Minute, 43 Second

MEGAMENDUNG, PENAPUBLIK.COM – Sebanyak 20 orang warga Desa Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Diberikan pelatihan dan Bimtek sekaligus pembentukan relawan Destana (Desa Tangguh Bencana). Nampak pemateri dan instruktur perwakilan dari BPBD Kabupaten Bogor tengah memberikan pemaparan berbagai materi diruang Aula Kantor Desa Sukamahi, Pada Kamis (18/3).

Menurut Mamat S.E, Kepala Desa Sukamahi, Kecamatan Megamendung saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan bahwa dengan adanya pelatihan yang digelar selama 3 hari sejak hari Rabu hingga Jum’at (17-19 Maret 2021) tersebut setidaknya berupaya mempersiapkan para relawan yang siap siaga dalam kebencanaan.

Didesa Sukamahi kata Budi sapaan akrabnya memang baru terbentuk Destana (Desa Tangguh Bencana) bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Bogor.

Instruktur Saat Berikan Materi Pada Relawan Destana Sukamahi Megamendung

Diikuti sebanyak 20 orang warga Desa mewakili wilayah masing-masing termasuk didalamnya ada Ketua RT dan juga Kadus serta tokoh pemuda.

“Ya kegiatan ini positif selain itu juga menambah wawasan dari para relawan, Mereka diberikan wawasan ilmu dalam Bimtek. Apalagi jika terjadi suatu bencana yang memang tidak kita harapkan ya khususnya di Desa kami, Berupaya meminimalisir saat bencana terjadi. Alhamdulillah sekarang sudah terbentuk Desa Tangguh Bencana,” terangnya.

Masih kata Budi, Diakuinya ada beberapa titik rawan yang memang cukup sering terjadi bencana longsor seperti di Kampung Pabuaran, Jami, Bojong Kaso juga Kampung Kebon Jengkol.

“Kami berharap setelah dibentuk Destana semoga nantinya bisa memaksimalkan dan mengoptimalkan kesiapsiagaan dari para relawan. Siap siaga nya lebih terkendali,” harap Budi.

Sementara itu Pahrudin, Salah seorang peserta sekaligus ditunjuk menjadi Ketua Satgas Destana Sukamahi mengaku senang diikut sertakan dalam kegiatan yang digagas oleh Pemdes.

“Ya, Tentu kami sangat senang, Terima kasih Bapak Kades bersama jajarannya. Alhamdulillah sekarang Desa Sukamahi sudah ada dan terbentuk relawan Destana. Disini diberikan ilmu dan wawasan tentang kebencanaan dan bagaimana cara antisipasi dan penanggulangannya. Hal itu berguna jika suatu saat nanti ada bencana setidaknya kami sigap dan tanggap,” paparnya.

Ia menambahkan, Pelatihan dan Bimtek Destana Sukamahi, Selain digelar didalam ruangan Aula Kantor Desa (indoor) juga dilakukan diluar ruangan (outdoor).

“Hari terakhir materinya diluar ruangan lokasinya di Puri Mandiri berupa simulasi dan lain-lain.” tandasnya. (TAUFIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.