0_IMG-20200302-WA0013.jpg
Read Time:1 Minute, 43 Second

Tamansari, PenaPublik.com – Setu Tamansari merupakan salah satu potensi alam anugerah Ilahi yang diberikan kepada warga khususnya di wilayah yang berada di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Sejalan dengan perkembangan jaman namun tetap berupaya menjaga kearifan lokal Pemerintah Desa Tamansari akan menggelar Festival yang sedianya akan digelar pada Jum’at tanggal 6 Maret 2020 mendatang.

Menjelang pelaksanaan acara tersebut, Dilokasi nampak terlihat antusiasme warga saling bahu membahu bekerjasama dalam upaya mewujudkan kegiatan yang akan dihadiri orang nomor wahid di Bumi Tegar Beriman, Bupati Hj Ade Yasin.

“Iya kemarin sudah ada kabar dari staf ahli-nya bahwa Bupati Bogor insha Allah akan hadir dihari Jum’at untuk membuka acara ini sekaligus meresmikan Aula serba guna juga kegiatan bersih-bersih setu tamansari. Makanya saat ini kita lakukan persiapan-persiapan menjelang acara nanti,” ucap Sunandar, Kepala Desa Tamansari yang sering disapa Ustad tersebut.

Saat disinggung terkait menjaga kultur dan melestarikan kearifan lokal, Ustad Sunandar mengaku bahwa kegiatan ini memiliki pesan moral terutama untuk lingkungan sekitar yang mana hal tersebut juga sejalan dengan apa yang diintegrasikan Pemkab Bogor yakni Sport and Tourism.

“Karena kita ada ditatar Sunda kemudian sudah ada potensi wisata alamnya dan kita akan menggali wisata buatannya. Selain nanti akan menampilkan kreasi-kreasi kebudayaan dan kesenian yang ada di Desa Tamansari ya sebagai jawabannya itu terhadap tuntutan Sport and Tourism-nya juga,” jelasnya.

Dirinya juga menyebutkan, Kalau festival dongdang, festival janur dan kuliner kan itu hal biasa yang dilakukan dalam setiap parade, Hari ini pihaknya ingin mencoba sesuatu hal yang berbeda terkait dengan menjaga kelestarian dan keberlangsungan lingkungan.

“Ya nanti kita akan melakukan bersih-bersih Setu bareng Bupati dan warga masyarakat Desa Tamansari pada Jum’at tanggal 6 Maret,” ajaknya.

Sunandar berharap dengan ada-nya kunjungan Bupati Bogor kewilayah kerja-nya tersebut sehingga bisa menyaksikan langsung potensi serta budaya yang ada, Maka Pemerintah wajib memberikan support dan mendukung wisata di Desa Tamansari khususnya.

“Karena memang cukup banyak potensi disini sehingga kedepannya bisa lebih diperhatikan oleh Pemkab.” pungkas Ustad Sunandar, Kepala Desa yang sebelumnya mengabdi sebagai guru honorer di SMAN Tamansari selama kurang lebih 16 tahun.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.