Berita_20191224200417_PenaPublik.jpg
Read Time:2 Minute, 26 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Disaksikan Kepala Desa Kopo yang baru menjabat dan staf Kecamatan, Dinas pertanian serta puluhan orang termasuk dari pegiat peduli lingkungan juga para kader ecovillage, Camat Cisarua H. Deni Humaedi S.IP, MM, Melakukan penanaman pohon secara simbolis tanpa memakai alat cangkul alias dengan tangannya sendiri. Pemandangan tersebut nampak terlihat di area camp KTH Cijulang Asri, RT 5 RW 05, Desa Kopo, Kecamatan Cisarua yang digelar pada Senin pagi (23/12).

Sebelum melakukan aksi menanam pohon berbagai jenis, Para pejabat wilayah melakukan penandatanganan diatas secarik kertas berupa Piagam Kerjasama yang sudah disediakan panitia pelaksana. Kegiatan disupport oleh salah satu perusahaan ternama yakni PT. Surayaraya Rubberindo Industries yang beralamat di kawasan Industri Menara Permai, Jalan Raya Narogong KM 23,852 Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor dan diketahui pula hal tersebut sebagai kegiatan rutin tahunan di wilayah Puncak.

Menurut Deni Humaedi, Camat Cisarua saat ditemui seusai aksi mengatakan bahwa banyak hal dan manfaat dari penanaman pohon ini sebagai salah satu pesan moral bagi makhluk hidup yang ada sekarang dan generasi dimasa mendatang.

“Ya kegiatan seperti ini harus dilakukan secara masif dan berkelanjutan, Banyak sekali manfaatnya tidak hanya untuk hari ini tetapi jangka panjang untuk generasi mendatangpun bisa menikmatinya. Kepedulian terhadap lingkungan harus terus dilakukan tidak boleh berhenti disini saja, Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi oranglain terutama juga buat alam sekitarnya,” papar Deni penuh semangat.

Hal senada dikatakan Wiwin Wildan, Kepala Desa Kopo, Ia mengaku hadir dalam giat ini sebagai tugas perdana-nya sebagai orang nomor satu diwilayah Desa Kopo. Dirinya menyampaikan terima kasih dan dukungannya kepada pihak perusahaan dan para pegiat lingkungan yang dengan tulus mau memberikan kontribusi nyata bagi alam sekitarnya.

“Kegiatan tanam pohon jangan berhenti saat ini saja harus terus dilakukan secara berkelanjutan, Kebetulan saya juga mantan Ketua ecovillage yang saling berkaitan dengan lingkungan akan mendukung dan memberikan arahan serta masukan terhadap para pegiat lingkungan membantu mensosialisasikan cinta alam khususnya untuk masyarakat Desa Kopo. Kita jaga alam, Maka alam akan menjaga kita,” tuturnya.

Sementara itu menurut Taufik Nugraha, CSR Officer PT. Surayaraya Rubberindo Industries, Saat ditemui seusai penanaman pohon secara simbolis mengatakan bahwa dirinya mewakili perusahaan datang ke Camp KTH Cijulang Asri yang kedua kali-nya. Ia menyebut kegiatan tersebut merupakan bagian dari program CSR perusahaan.

“Sedikitnya ada 4 program CSR di perusahaan kami di FDR diantaranya pendidikan, lingkungan hidup, pemberdayaan masyarakat dan kesehatan. Dan kerjasama penanaman pohon ini sudah yang kedua kali-nya kalo sama Pak Basir itu sih udah yang ketiga. Mudah-mudahan perusahaan lainpun bisa mengikuti seperti yang kami lakukan,” tandasnya.

Basir Baesuni, Mewakili Kelompok Masyarakat Komunitas Pegiat Lingkungan mengaku kegiatan ini akan terus diupayakan dan disosialisasikan.

“Dipenghujung tahun 2019 ini kami bekerjasama dengan PT. SRI yang memproduksi ban FDR memberikan bibit pohon dilahan-lahan kritis dan rawan bencana seperti di Puncak ini sebagai kegiatan konservasi. Kita akan tanam langsung bukan hanya memberikan bibit saja, Tanaman kayu sebanyak 1500 pohon tanaman buah sebanyak 500 bibit.” pungkasnya.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.