Berita_20190203195729_PenaPublik.jpg
Read Time:1 Minute, 46 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Bicara permasalahan sampah memang seolah tak ada habisnya, disetiap titik wilayah di Kecamatan Cisarua nampak masih ada saja tumpukan sampah bahkan sampai menggunung. Meskipun dalam hal ini Pemerintah melalui DKP berupaya menangani dan menanggulangi sampah namun tetap saja belum terselesaikan dengan baik, entah karena kesadaran masyarakatnya yang kurang ataukah sosialisasi dari Pemerintah yang belum maksimal.

Dari permasalahan tersebut itupun muncul disisi lain adanya temuan warga masyarakat yang membuat prihatin dan disikapi berbagai kalangan seperti yang dikatakan Solihin, salah satu warga Kampung Cijulang RT 5 RW 05, Desa Kopo, Kecamatan Cisarua. Dirinya merasa kecewa terhadap kinerja DKP Kebersihan Kabupaten Bogor saat mengangkut sampah di salah satu hotel yang berdekatan dengan tempat tinggalnya, sementara sampah yang dibuang oleh masyarakat itu tidak ada solusinya.

“Sampah hotel di angkut DKP, tapi kalau sampah yang dibuang masyarakat yang notabene tidak ada fasilitas bak sampah tidak di angkut. Ini ada apa,” kata Solihin dengan nada kesal.

Lanjutnya, Ia menambahkan terkait sosialiasi tentang sampah tidak menyentuh ke bawah. Hanya program dari atas dan tumpul ke bawah. Pengelolaan sampah di hotel di sosialisasikan akan tetapi sampah dari masyarakat yang setiap hari ini seakan di biarkan begitu saja.

Oleh karena itu masih kata Solihin, Seharusnya program sampah ini nyampe ke masyarakat bawah yakni tingkat RT. Kalaupun harus ada pengajuan untuk bak sampah yang nantinya di angkut sama Dinas terkait dari RT dan ada retribusi dari masyarakat ini harus di informasikan ke masyarakat dan aparat tingkat RT sehingga masalah sampah ini bisa teratasi.

“Kalau hanya tingkat corporate atau pengusaha dalam hal ini hotel, Maka akan ada kecemburan sosial tentang program ini. Pemerintah harus tegas,lugas dan terarah informasi programnya sehingga nyampe ke tingkat RT,” pintanya.

Sementara itu ditempat berbeda menurut Eman Sulaeman, warga Cisarua dirinya menyayangkan akan minimnya kepedulian dan kepekaan warga terhadap lingkungan.

“Butuh kesadaran dan kepekaan serta kepedulian dari
semua pihak, Kami berharap sosialisasi dan penanganan terkait sampah harus terus digalakkan. Apalagi seminggu yang lalu saya membaca ada surat edaran dari Bupati Bogor berupa himbauan salah satunya poin dalam rangka merubah perilaku masyarakat agar sedianya membentuk Bank Sampah di tiap lingkungan dan ini program yang baik.” tandasnya.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.