Warga-Jambuluwuk-Rasakan-Langsung-Manfaatnya
Read Time:2 Minute, 0 Second

Ciawi, PenaPublik.com – Pemerintah Desa Jambuluwuk, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2020 kepada yang terdampak pandemi Covid-19 sebanyak 183 orang KPM. Berbeda dengan sebelumnya, Untuk saat ini BLT sesuai peraturan Kemendes yang diberikan sebesar 300 ribu untuk 3 bulan terhitung Bulan Juli, Agustus dan September.

“BLT dari Dana Desa untuk gelombang pertama itu kan rp 600 ribu terhitung bulan April, Mei dan Juni. Nah saat ini BLT gelombang kedua nominalnya rp 300 ribu terhitung untuk bulan Juli, Agustus dan September,” terang Hendi, Pendamping Desa Kecamatan Ciawi via pesan Whatsapp-nya pada Minggu (19/12).

Masih kata Hendi, Terkait pembagian tersebut ada yang langsung 3 bulan dan ada yang tiap bulan.

“Itu tidak apa-apa karena rata-rata di Kecamatan Ciawi itu langsung 3 bulan. Cuma uangnya memang baru cair belum lama ini, ya harap maklumlah,” ucapnya.

Sementara itu menurut Azizah, Sekdes Jambuluwuk saat ditemui diruang kerjanya mengaku bahwa BLT dari Dana Desa yang saat ini disalurkan kepada warga masyarakat sebanyak 183 KPM. BLT tahap pertama dengan yang kedua itu semuanya ada perubahan sesuai hasil Musdesus yang digelar beberapa waktu lalu dihadiri BPD, Pendamping Desa dan pihak Kecamatan Ciawi serta RT/RW.

“Iya kami salurkan BLT DD saat ini sekaligus rp 600 ribu untuk 2 Bulan sementara tahap pertama itu sudah kami lakukan waktu itu sebesar rp 300 ribu, Jadi ini BLT dari Dana Desa tahap kedua bulan kedua dan ketiga, bulan pertama sudah kami salurkan. Kami pastikan tidak ada potongan sedikitpun,” tuturnya pada Minggu (19/12).

Saat Pendataan Penerima BLT DD Didesa Jambuluwuk Ciawi

Dirinya berharap pandemi Covid segera berlalu dan perekonomian kembali menggeliat,”Kasian juga kepada warga masyarakat yang terdampak itu, perekonomiannya menurun bahkan melemah meskipun ada bantuan-bantuan dari beberapa sumber namun terkadang masih ada tumpang tindih dalam masalah data,” paparnya.

Eti, Warga RT 2 RW 06 penerima manfaat BLT mengaku dirinya sangat terbantu dengan bantuan langsung tunai yang Ia terima pertama kalinya itu.

“Alhamdulillah, terima kasih atas perhatian dan kepedulian dari Pemerintah walaupun baru pertama dapat bantuan, Saya merasa terbantu apalagi sejak ada pandemi ini suami yang bekerja dibagian ekspedisi terpaksa harus berhenti,” ucapnya penuh haru.

Hal senada dikatakan warga Jambuluwuk lainnya yang mengaku bahwa dengan bantuan seperti ini secara langsung dapat dirasakan manfaatnya.

“Program ini tepat sasaran ya dan kami pakai untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.” singkatnya. (Taufik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.