0_20200522145024.jpg
Read Time:2 Minute, 8 Second

Megamendung, PenaPublik.com – Dari pintu ke pintu, Dari Kampung ke Kampung adalah upaya yang dilakukan Pemerintah Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung dalam menyalurkan bantuan sosial kepada warga masyarakat dengan dikawal oleh Babinsa, Bhabinmas, Ketua BPD dan Kepala Dusun, Aparatur Desa berkeliling jemput bola mengantarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2020 kesetiap wilayah RT/RW tidak hanya bertumpu di Kantor Desa. Kegiatan tersebut dilakukan pada Kamis pagi hingga sore hari (21/05).

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2020 sedia-nya ditujukan untuk warga masyarakat yang terdampak Covid-19 yang saat ini sangat dirasakan oleh semua kalangan atau sektor usaha.

Menurut Ade Sasmita, Sekretaris Desa Megamendung mengatakan terkait program BLT – DD untuk wilayah Desa-nya saat ini berjumlah 235 KK dengan mengacu kepada data yang didapat dari setiap RT maupun RW diwilayah masing-masing dan dilakukan secara door to door kepada warga yang sebelumnya telah berkoordinasi dengan Ketua RT dan RW.

“Penerima BLT-DD untuk Desa Megamendung ini sebanyak 235 KK diluar BPNT, PKH. Bantuan ini diberikan kepada warga terdampak Covid-19, Golongan ekonomi lemah, Ada juga yang korban PHK, Kehilangan mata pencaharian dan secara umum diberikan kepada warga yang tak mampu seperti jompo atau lanjut usia yang tidak tercover program PKH dan BPNT,” terangnya disela-sela jemput bola diwilayah RT 1/2.

Babinsa dan Bhabinmas Kawal Pemdes

Masih kata Ade, Lanjutnya Ia menerangkan bahwa program BLT tersebut disalurkan kepada warga terdampak Covid-19 terhitung Bulan April hingga enam(6) Bulan kedepan terhitung Bulan April hingga September 2020. Menurutnya pula warga penerima manfaat BLT untuk 3 Bulan pertama itu diberikan sebesar 600 ribu (April, Mei, Juni) kemudian 3 Bulan seterusnya itu sebesar 300 ribu (Juli, Agustus dan September).

“Berdasarkan surat edaran dari Kemendes RI selama 6 bulan kedepan, Terhitung mulai April kemarin sebenarnya dikarenakan telat masalah pendataannya selain saat ini yang disalurkan paling nanti diberikan lagi setelah lebaran,” jelasnya.

Sementara itu Wawan Gunawan, Ketua RT 1 RW 02, Desa Megamendung mengaku untuk warga diwilayahnya terkait penerima manfaat BLT dari Dana Desa sebanyak 13 orang. Pihaknya sebelum pembagian melakukan upaya koordinasi dan meminta saran dari beberapa tokoh masyarakat terkait pemberian bantuan uang tunai tersebut harus tepat sasaran.

“Alhamdulillah warga kami ada 13 orang yang mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) terima kasih kepada Pemerintah baik Pusat, Provinsi, Daerah dan Pemdes Megamendung khususnya mudah-mudahan dirasakan manfaatnya terlebih lagi saat ini banyak orang yang terdampak Covid-19 diseluruh wilayah. Untuk pendataan warga terlebih dahulu saya berkoordinasi dulu dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat agar bagaimana bantuan dana ini terserap secara efektif dan tepat sasaran.” pungkasnya.

Reporter : Taufik Hidayat/ Iwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *