Jelang Pemilihan Calon Ketua Bumdes Banjarsari Susi Rusjiana Semoga Yang Terbaik Dimata Allah 1.jpg
Read Time:3 Minute, 16 Second

Ciawi, PenaPublik.com – Desa Banjarsari, yang saat ini dinakhodai Misbah selaku Kepala Desa, Ia terpilih pada Pilkades Bulan November 2019 lalu itu kini sedang berupaya memberikan nuansa baru dalam era pemerintahannya. Dibawah kepemimpinannya yang baru berjalan belum genap satu tahun tersebut, Misbah berupaya ingin membangun Desa dengan aroma demokrasi dan transparansi publik, Salah satu-nya dengan pembentukan pengurus BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang sebentar lagi akan melakukan pemilihan Calon Ketua BUMDes Banjarsari Jaya tepatnya akan digelar pada Minggu (09/08/2020).

Sedianya, Pembentukan pengurus BUMDes Banjarsari Jaya itu akan dilaksanakan seusai hasil keputusan Musyawarah Desa (Musdes)pada tanggal 15 Februari lalu, Namun dipending karena ada beberapa hal ditambah lagi ada musibah Covid-19 sehingga tidak dapat dilaksanakan.

Para Panitia Ketua Pemilihan BUMDes (Berdiri) Sesi Photo Bareng Dengan Keempat Calon

Menurut Misbah, Kepala Desa Banjarsari, Ia mengaku pemilihan Calon Ketua dan pengurus BUMDes baru akan dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus hari Minggu dan saat ini ada 4 orang Calon Ketua yang sudah dilakukan fit and proper test beberapa hari lalu.

“Iya kang, Kalau kita mah siapa aja nanti yang jadi yang penting ada perubahan dan bisa majuin Desa Banjarsari. Mudah-mudahan berjalan aman dan lancar tidak ada kendala apa-apa,” singkat Misbah yang dihubungi via telpon genggamnya pada Senin siang (3/08).

Ditempat berbeda, H. Masjuki, Ketua BPD Banjarsari mengatakan bahwa dalam perjalanannya BUMDes Banjarsari Jaya tersebut itu berdiri, telah 2 kali mengalami pergantian pengurus. Namun sejak pembentukan kepengurusan BUMDes saat itu tidak sama dengan apa yang dilakukan pada saat ini.

“Pemilihan calon Ketua saat ini berdasarkan salah satu keputusan Musdes yang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2020,” terangnya via Whatsapp pada Selasa (04/08).

Menurutnya, Hasil keputusan Musdes beberapa Bulan lalu itu memberikan kewenangan kepada tim seleksi pengurus BUMDes sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk melakukan pendaftaran dan penyeleksian balon dan/atau Calon pengurus BUMDes Banjarsari Jaya. Dan keputusan tersebut dituangkan dalam keputusan Kepala Desa untuk pembentukan kepanitiaan dan penyeleksian balon dan/atau calon pengurus BUMDes.

Adapun tahapan-tahapan selain itu kata Masjuki yakni merupakan amanat dari salah satu Keputusan Musdes tersebut bahwa panitia telah melaksanakan dengan cara pengumuman kepada warga Desa Banjarsari tentang rekruitment bakal Calon pengurus BUMDes.

“Ya, Dengan membuka ruang seperti itu warga terlihat cukup antusias karena pada dasarnya ingin ada perubahan dan kemajuan di Desa Banjarsari ini,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Awal pendaftaran tercatat 5 orang balon, Namun dalam perjalanan menjelang dilakukannya tahapan penyeleksian berkas persyaratan untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan, Balon yang 1 orang mengundurkan diri sehingga sampai tahap calon menjadi 4 orang calon,”Seleksi uji kepatutan dan kelayakan ini kali pertama dilakukan sejak BUMDes Banjarsari Jaya berdiri, dan hasilnya dinyatakan oleh tim penyeleksi semua calon dinyatakan patut dan layak untuk menjadi calon Ketua,” paparnya.

Masjuki mengatakan bahwa Desa Banjarsari telah berupaya dan senantiasa akan melakukan perubahan-perubahan untuk menjadikan Banjarsari Juara karena pada prinsipnya suatu perubahan baru dapat diperoleh dengan jalan kebersamaan memajukan Desa, baik Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa dan Lembaga-Lembaga yang ada termasuk para kader posyandu dan Posyantek serta masyarakat selaku sosial kontrol.

“Sesuai dengan visi misi Pak Misbah waktu mencalonkan diri menjadi Kades adalah ingin perubahan yang lebih baik. Maka dari itu mari kita bahu membahu membangun Desa, Dimulai dengan konsep sederhana namun penuh makna yaitu jangan menyesal untuk berbuat baik,” tuturnya.

Sementara itu Susi Rusjiana, Istri Ketua RT 2 RW 03 memberikan semangat juga do’a kepada dua warga-nya yang mencalonkan diri menjadi Ketua BUMDes Banjarsari Jaya, Dirinya berharap kedua orang wakil wilayah RT 02 tersebut salah satu-nya terpilih menjadi Ketua agar bisa bersinergi dengan program di RT 2 seperti program peningkatan dan memajukan perekonomian melalui UMKM R-DHUE.

“Alhamdulillah ada dua orang warga kami yang ikut mencalonkan diri, Siapapun diantara kedua wakil dari wilayah RT 02/03 khususnya, Kami tau kedua calon tersebut memiliki potensi dan semoga atas ijin Allah jua-lah dipilih yang terbaik di mata Allah, Aamiiin YRA.” pungkasnya penuh ekspektasi.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *