Bebaskan-Saluran-Air-dari-Jeratan-Sampah-Ini-yang-Dilakoni-Warga-Banjarsari-Ciawi.jpg
Read Time:1 Minute, 19 Second

Ciawi, PenaPublik.com – Memasuki bulan Agustus ini, warga khususnya diwilayah RT 02/03, Desa Banjarsari menyusuri saluran air sepanjang wilayah tersebut untuk membersihkan sampah dan tanaman liar yang mengganggu pemandangan serta kebersihan sejak hari Senin lalu (04/08/2020).

Di banyak titik lokasi tersebut sebelumnya memang banyak sampah tersangkut dan dipenuhi rerumputan liar menjadi pemicu para pemuda dan pengurus RT setempat berupaya turun langsung hingga ditengah-tengah air mengalir untuk menyelesaikannya.

Pemasangan Pagar Besi Pembatas Mengurangi Populasi Sampah

Aksi ini juga dilakukan untuk menyadarkan masyarakat tentang lingkungan yang bersih dan rapih akan menunjang kesehatan dan kenyamanan hidup bermasyarakat, Seiring program lain yang terus dijalankan seperti Bank Sampah dan rencana pengembangan aksi warga menanam benih ikan serta program Biopori.

“Berawal dari keperihatinan atas warga yang buang sampah ke Sungai yang sudah menjadi penyakit masyarakat, Maka kami dan remaja serta masyarakat sekarang sudah nampak peduli dengan kebersihan lingkungan,” tutur Sutajaya Laksana, Ketua RT 02/03.

Kini saluran air diberikan infrastruktur tambahan berupa pagar besi untuk menahan sampah yang kerap dikeluhkan di tengah warga, Sutajaya juga menambahkan bahwa setelah tujuan dari pemasangan pagar itu bisa tercapai rencana-nya saluran air juga hendak disulap menjadi kolam ikan guna meningkatkan manfaat yang lebih banyak.

“Karena masyarakat yang ada di bantaran Sungai wilayah RT 02/03 selama ini selalu menyalahkan bagian hulu, Maka dari itu dengan dilakukan pemagaran ini masyarakat diharapkan tidak ada lagi yang membuang sampah ke Sungai dan kedepannya bisa mengembalikan lagi fungsi Sungai yang sesungguhnya bahkan ada keinginan menanam ikan di sungai sebagai pengurai-nya.” pungkas RT Jaya panggilan akrabnya. (Adeas/Taufik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *