Jelang-Pemilihan-Ketua-BUMDes-Banjarsari-Kades-Misbah-Berharap-Harus-Lebih-Maju-dan-Bertanggungjawab-1.jpg
Read Time:2 Minute, 6 Second

Ciawi, PenaPublik.com– Detik-detik menjelang pemilihan Calon Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Banjarsari Jaya yang sedianya akan digelar dan dilangsungkan di SD Banjarsari I pada Minggu (9/08/2020) esok lusa, Misbah selaku Kepala Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi mengaku bahwa pemilihan tersebut adalah yang pertama kali sejak Ia memimpin Desa-nya dan sebelum itupun dilakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan kepada ke-empat Calon yang akan bertarung nanti.

“Iya ini pertama kali sejak saya memimpin di Desa Banjarsari ini bahkan sebelumnya pihak kami melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Ketua BUMDes tersebut,” terang Misbah saat ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Rapat Koordinasi Pemilihan Ketua BUMDes Banjarsari Jaya

Lebih lanjut Misbah mengatakan bahwa sejauh ini pihak Pemerintah Desa senantiasa berupaya memberikan contoh dan ruang seperti keterbukaan informasi, transparansi publik, azas demokrasi artinya lebih mengedepankan musyawarah dalam hal apapun kepada warga masyarakat.

“Bagaimanapun itu kembali kepada Pemerintah Desa, Terkait pemilihan pun kita juga harus profesional dan sportif serta sehat lah siapapun nanti yang terpilih menjadi Ketua BUMDes Banjarsari Jaya jangan seperti sebelumnya,” ujar Misbah.

Masih kata Misbah, Lanjutnya kenapa diadakan test wawancara terlebih dahulu karena pada dasarnya ingin tahu sejauhmana nantinya para Calon tersebut jika terpilih menjadi Ketua BUMDes.

“Kami pengen tau visi misi dari para calon tersebut jangan sampai diperjalanan kepemimpinannya itu BUMDes mengalami kerugian, hanya pasang badan doang ya gak bisa begitu saja. Ini lembaga perekonomian Desa loh, Maka harus dipertanggungjawabkan jika mereka ingin membantu memajukan Desa Banjarsari,” paparnya.

Hal senada dikatakan Haris, Salah seorang panitia yang juga Kasi Kesra Desa Banjarsari mengatakan bahwa pihaknya mengaku senang dengan antusiasme warga masyarakat terutama yang ikut mencalonkan diri menjadi Ketua BUMDes.

“Alhamdulillah, Kami merasa senang dan patut bangga kepada warga masyarakat dan ini memang bagian dari visi misi Pak Kades saat mencalonkan diri waktu itu beliau ingin melakukan perubahan dan nuansa baru dalam tata kelola Desa yang akomodatif, akuntabilitas serta partisipatif,” tuturnya.

Menurutnya sebelum dilakukan pemilihan nanti yang menurut rencana akan digelar di SD Banjarsari I pada hari Minggu tanggal 9 Agustus itu semua calon melakukan test wawancara secara profesional.

“Ini merupakan hasil dari Musdes beberapa waktu lalu dan Pak Kades minta kepada BPD agar membentuk panitia pemilihan Ketua BUMDes yang didalamnya termasuk melakukan fit and proper test. Terima kasih kepada warga yang sudah mau dan niat mencalonkan diri jadi Ketua BUMDes Banjarsari Jaya, Siapapun yang terpilih nanti itu yang terbaik dan bisa ikut memajukan serta mengharumkan nama Desa Banjarsari.” pungkasnya penuh harap.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.