Berita_20181118142629_PenaPublik.jpg
Read Time:1 Minute, 0 Second

Ciawi, PenaPublik.com – Seusai kegiatan kerja bakti bersihkan lingkungan di wilayah Kampung RT 1 RW 01, Desa Jambuluwuk, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Ade Hayu Gelarjaya, Kepala Desa Jambuluwuk bersama warga secara langsung ikut membersihkan lingkungan atau gorol.

Kegiatan kerja bakti lingkungan memang salah satu program yang digalakkan Pemerintah Desa Jambuluwuk.

“Ya ini bagian dari silaturahmi bersama warga selain itu juga dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan,” tuturnya, di sela-sela kegiatan.

Puncaknya selepas kegiatan gorol, ada kebiasaan yang senantiasa diadakan yakni dengan makan bersama diatas daun pisang.

“Tradisi makan bersama atau ngaliwet diatas daun pisang sebagai piring gratis menjadi wadah berbagai masakan khas sunda yang sederhana ditambah nasi berbumbu ditemani tempe goreng, ikan asin, kerupuk dan juga lalapan lengkap dengan sambalnya, nampak begitu menggairahkan nafsu makan setelah lelahnya bersih-bersih bersama,” terangnya pada Sabtu (17/11).

Warga Bersama Makan Nasi Liweut Pasca Bebersih

Inisiatif warga Jambuluwuk yang responsif terhadap kondisi lingkungan sekitar tempat tinggalnya ini begitu diapresiasi Kades Ade bahkan dengan sengaja mendokumentasikan kegiatan gorol melalui ponselnya sendiri.

“Makan Bersama, Eeey.. Gorol, alhamdulillah kegiatan ini banyak didominasi oleh anak-anak muda, terima kasih semuanya.” pungkas Ade Hayu yang juga Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Ciawi tersebut.

Penulis : Adeas
Editor : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *