Pemdes-Kopo-Butuh-Kehadiran-Pemuda-Karang-Taruna
Read Time:2 Minute, 6 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Musyawarah Desa atau yang disingkat Musdes adalah proses musyawarah antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan Pemerintah Desa dan unsur masyarakat lainnya termasuk unsur kepemudaan didalamnya yang diselenggarakan oleh BPD untuk membuat kesepakatan bersama terkait hal-hal yang bersifat strategis.

Musyawarah adalah forum pengambilan keputusan yang sudah dikenal sejak lama dan menjadi bagian dari Dasar Negara Indonesia tercantum dalam Pancasila yakni sila ke-empat yang menyebutkan bahwa kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Berkaitan dengan itu pula dan dalam rangka mempererat silaturahmi antara Pemerintah Desa Kopo, Kecamatan Cisarua bersama BPD dan para pemuda Desa menggelar acara Ngobrol Bareng pra musdes yang bertempat di Aula Hotel Gracia, Kampung Cidokom, RT 03 RW 011, Jalan Cikopo S Pada Kamis (11/07).

Seusai acara, Pemdes Kopo sedianya langsung menggelar temu karya pemuda dan menghasilkan kesepakatan diantaranya pembentukan kepengurusan Karang Taruna Desa yang diikuti pemuda ditiap wilayah RW dengan melalui mekanisme pemilihan secara voting untuk menentukan Ketua dan pengurus Karang Taruna Desa.

“Iya pembentukan Karang Taruna Desa tadi itu dalam rangka mengejar Musyawarah Desa yang insha Allah akan digelar pada 17 Juli mendatang dan diharapkan di Musdes nanti mereka tampil. Intinya mah Pemerintah Desa jangan ditinggalin atau dibiarkan sendiri dalam mengelola Desa dibutuhkan keterlibatan para pemuda melalui Karang Taruna selain Ketua RT dan RW,” terang Basit, Kasi Pemerintahan Desa Kopo saat dijumpai seusai kegiatan.

Hal senada dikatakan Taufik, Ketua BPD Desa Kopo, Pihaknya menuturkan bahwa hari ini merupakan tonggak sejarah bagi pemuda-pemudi Kopo dengan keterpilihan Ketua dan hadirnya kembali Karang Taruna Desa setelah sekian lama mengalami kevakuman.

“Setelah tadi melihat jalannya pembentukan dari mulai awal hingga akhir pemilihan cukup alot itu berarti memikirkan bagaimana caranya ikut aktif dan memiliki sikap serta jiwa membangun Desa Kopo menjadi lebih baik lagi. Saya selaku Ketua BPD akan mengundang para pemuda Karang Taruna untuk hadir diacara Musdes pada 17 Juli mendatang ini penting dalam rangka mengawal program Pemerintah Desa dimasa mendatang,” tuturnya.

Sementara itu Alan Hamdani, Ketua Karang Taruna terpilih mengaku tak menyangka jika dirinya yang terpilih dan diberi amanat yang cukup berat, tetapi Ia juga merasa yakin karena nantinya akan bekerjasama dengan rekan-rekan yang memiliki visi dan misi seiring sejalan dalam memajukan roda organisasi Karang Taruna Desa Kopo.

“Meskipun ini yang pertama akan tetapi saya yakin dan percaya kalo rekan-rekan di kepengurusan Kartar nanti bisa saling mengisi satu sama lain demi kemajuan Kartar khususnya dan Desa Kopo pada umumnya.” pungkas Alan yang sehari-hari mengajar di SDN Sampay 01 dan SMP Terbuka Al-Fajri Cidokom tersebut.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *