Tidak Ingin Ada Money Politic_PenaPublikcom
Read Time:2 Minute, 22 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Pemerintah Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor menggelar pemilihan Ketua RT 01 RW 01 yang baru pertama kali dilakukan di pertengahan tahun 2019 ini.

Pemilihan tersebut bertempat di Aula Villa Silma, Desa Jogjogan, nampak terlihat antusiasme warga di RT 01 mendatangi lokasi pemungutan suara sejak pagi hari pukul 08.00 WIB untuk memilih calon yang dianggap layak menjadi Ketua RT 01 periode tahun 2019 – 2024 dengan sebuah slogan dan mengandung pesan moral yakni mewujudkan lingkungan yang aman, nyaman, rukun dan sejahtera.

Dalam pemilihan tersebut terdapat 4 orang calon diantaranya nomor urut 01 (Hendra Peing), nomor urut 02 (Abun Karlo), nomor urut 03 (Hasan) dan nomor urut 04 (Deni Ocid). Pemungutan suara ditutup pukul 12.00 WIB selanjutnya para panitia melakukan perhitungan suara hingga surat suara terakhir.

Dari ke-empat (4) calon Ketua RT tersebut, Tibalah panitia mengumumkan bahwa nomor urut 02 atas nama Abun Karlo lebih unggul dibanding rekan lainnya. Abun mendapat suara sebanyak 119 suara, sehingga Ia dinobatkan menjadi Ketua RT 01 terpilih periode 2019 hingga 2024 yang akan datang.

Menurut H. Agus, Ketua Panitia pemilihan Ketua RT 01 mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat atas partisipasi dan berkontribusi dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara untuk menentukan pilihannya masing-masing dengan tidak melakukan cara-cara yang melanggar demokrasi seperti money politik.

“Berdasarkan arahan dari Pjs Kepala Desa Jogjogan, para pemuda sepakat mengadakan pemilihan secara demokrasi, Pemerintah Desa juga menjembatani dari proses pendataan, penyaringan para calon melalui tahapan seleksi sehingga dapat terlaksana kegiatan ini,” tuturnya.

Agus menambahkan yang menarik disini adalah selain silaturahmi kegiatan ini juga merupakan sarana edukasi demokrasi bagi warga masyarakat diantaranya dianjurkan bahkan pihaknya sudah sepakat tidak akan melakukan cara-cara yang dapat melanggar aturan berdemokrasi.

“Alhamdulillah partisipasi semua warga dan ini hasil pilihan masyarakat, Pak Abun Karlo nomor urut 02 terpilih sebagai Ketua RT 01 masa bhakti 2019 hingga 2024 total suara 119 suara dari total 332 orang. Kita sudah sepakat apabila dari para calon yang melakukan money politik maka akan kita coret dan otomatis gugur dari keikutsertaannya sebagai kandidat,” tegasnya.

Perhitungan Suara Pemilihan Ketua RT 01 RW 01 Desa Jogjogan

Pihaknya dan warga masyarakat terutama di RT 01 RW 01 berharap cara dan teknis pemilihan seperti ini bisa diikuti oleh wilayah lainnya.

“Kami berharap Ketua terpilih tidak terbebani, Niat awal kita semua adalah tidak melakukan money politik menjelang dan disaat pemilihan. Terima kasih juga atas bantuan dari para bakal calon Kepala Desa Jogjogan yang nanti secara serentak akan digelar pada bulan November mendatang,” paparnya.

Sementara itu Abun Karlo, Ketua RT terpilih mengaku terkejut saat diketahui namanya sebagai pemenang di pemilihan Ketua RT 01.

“Alhamdulillah masyarakat memberikan kepercayaan kepada saya adapun program jangka pendeknya saya akan melayani apa-apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Warga mau datang siang atau malam insha Allah akan saya layani dengan sepenuh hati.” pungkasnya.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.