Musrenbang-Desa-Banjarsari-Peran-Serta-BUMDes-Harus-Lebih-Efektif-dan-Terasa-1.jpg
Read Time:1 Minute, 33 Second

Ciawi, PenaPublik.com – Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk tahun 2021 di Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi membahas terkait program pemberdayaan terutama Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan dalam bidang ekonomi, pendidikan, sosial kemasyarakatan juga kultur budaya. Karena secara keseluruhan untuk pembangunan pisik sudah terealisasi.

Menurut Misbah, Kepala Desa Banjarsari saat memberikan sambutan dihadapan forum mengucapkan terima kasih atas kehadiran para Ketua RT, RW, Lembaga Desa, Pihak Kecamatan serta warga masyarakat khususnya Desa Banjarsari.

“Sebelum penyelenggaraan Musrenbang hari ini kami melakukan terlebih dahulu Pra Musrenbang, Untuk diketahui terkait prioritas anggaran ditahun 2020 ini secara keseluruhan untuk penanganan Covid-19. Saya berharap untuk tahun 2021 dan seterusnya itu pengajuannya lebih kepada program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat Desa tentunya perlu peran serta dan saling bekerjasama dengan seluruh komponen,” paparnya pada Jum’at siang (30/10).

Muksim Ketua BUMDes Banjarsari Jaya Sedang Orasi Dihadapan Forum

H. Masjuki, Ketua BPD Banjarsari mengatakan bahwa terkait Musrenbang Desa itu tidak harus melulu sifatnya pembangunan fisik atau sarana dan prasarana semata akan tetapi selain itu juga program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi lebih diprioritaskan.

“Iya di tahun mendatang dan seterusnya itu program pemberdayaan menjadi sesuatu hal yang vital karena bagaimana upaya membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan kemandirian namun demikian dibutuhkan keseragaman dan kesepahaman visi,misi demi membangun Desa Banjarsari yang lebih maju dan berkembang, Peran serta BUMDes harus mampu membantu mengakomodir hal tersebut demi kepentingan warga masyarakat,” ucapnya penuh harap.

Hendi, Pendamping Desa Kecamatan Ciawi mengaku bahwa program Kepala Desa atau Pemerintah Desa sejak tahun 2020 hingga 2026 kegiatan tidak boleh keluar dari RPJMDes yang sudah diagendakan.

“Setau saya terkait program pembangunan secara pisik udah mulai habis di Desa Banjarsari tinggal mengeksplorasi kegiatan atau program untuk tahun 2021 mendatang. Karena di tahun 2020 ini semua anggaran dipergunakan untuk penanganan Covid-19 bantuan sosial seperti BLT bagi warga masyarakat terdampak.” pungkasnya.

Reporter : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *