Banjarwaru-Berinovasi
Read Time:1 Minute, 39 Second

Ciawi, PenaPublik.com – Pemerintah Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor melakukan salah satu inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan terhadap warga masyarakatnya melalui program pelayanan terpadu Desa atau disebut dengan PANTES.

Langkah awal, Program pertama kali ini dilakukan Pemdes Banjarwaru dengan cara jemput bola pendaftaran warga ke setiap wilayah Rukun Warga, Kepala Desa bersama staf didampingi Penggerak IT (RakIT) pedesaan mendatangi warga khususnya di Kampung Babakan, RT 02 RW 01 yang memang sebelumnya telah diinformasikan oleh Ketua RT setempat.

Satu persatu nampak terlihat para warga mulai berdatangan kelokasi jemput bola pendaftaran di sebuah bangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) As-Salam Ceria, melalui pengeras suara mesjid pemberitahuan disampaikan Febry Sopian, Selaku Ketua RT 2 RW 01.

Warga yang mendatangi tempat tersebut kemudian memberikan data berupa foto copy Kartu Keluarga yang diserahkan kepada staf Desa bagian pelayanan untuk di input yang selanjutnya warga diberikan sebuah kartu pelayanan yang berguna untuk kepentingan warga masyarakat dalam melakukan pelayanan Desa.

“Terima kasih kepada para warga yang mau datang kesini yang selanjutnya kami selaku Pemerintah Desa Banjarwaru akan melaksanakan salah satu program inovasi desa berupa kartu pelayanan terpadu yang diberikan khusus bagi warga Desa,” tutur Heni Nuryani S.Sos, Kepala Desa Banjarwaru saat dilokasi kegiatan jemput bola di Kampung Babakan RT 2 RW 01, pada Senin (12/08).

Saat Petugas Desa Melakukan Jemput Bola Pendaftaran Warga

Ditempat yang sama, Dede Rahmat, Staf Pemerintahan Desa Banjarwaru mengaku bahwa ini pertama kalinya Pemdes mengeluarkan Kartu Barcode yang berguna bagi warga masyarakat.

“Adanya kartu ini tentu lebih mudah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Dede Rahmat.

Dilokasi kegiatan, Hari kedua program jemput bola dilakukan Pemdes Banjarwaru sesuai dengan agenda yang disepakati yakni diwilayah RT 1 RW 02. Kegiatan jemput bola input data sedianya berlangsung hingga 10 hari kedepan.

Program inovasi ini didukung dengan sebuah aplikasi bernama SIPADE atau Sistem Informasi Pelayanan Desa yang dikembangkan oleh RakIT Labs, salah satu penyedia layanan pengembangan inovasi pedesaan melalui bidang Teknologi Informasi.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.