Pembinaan-Kelembagaan-Kades-Sukakarya-Jadikan-Semuanya-Berdaya-Guna.jpg
Read Time:1 Minute, 47 Second

MEGAMENDUNG, PENAPUBLIK.COM – Dipenghujung tahun 2021 ini Pemerintah Desa Sukakarya, Kecamatan Megamendung menggelar kegiatan pembinaan kelembagaan Desa diantaranya PKK, LPM, MUI, Satlinmas, Kadus, RT, RW dan Kader Posyandu. Kegiatan sedianya akan digelar selama 2 hari mulai dari Rabu hingga Kamis (15 – 16 Desember).

Menurut Hasan Sukandi, Kepala Desa Sukakarya yang ditemui disela-sela kegiatan mengatakan bahwa saat ini dibutuhkan pembinaan dan peningkatan kapasitas untuk para Ketua RT/RW, Kadus, Linmas, PKK beserta Kader Posyandu, LPM termasuk anggota BPD juga MUI Desa serta lembaga lainnya agar memahami dalam melaksanakan kinerja dan tupoksi serta perannya masing-masing.

“Yang berperan yakni perangkat Desa dibantu oleh BPD secara teknis pelaksanaannya,” ucap Hasan pada Rabu sore (15/12).

Linmas Berkarya,Linmas Berdaya.

Ia menambahkan, Untuk para pemateri atau narasumber dalam kegiatan tersebut pihaknya mengundang orang yang memang secara tupoksi yang kompeten dibidangnya.

“Anggota Linmas yang terdaftar ada 25 orang tetapi yang aktif sekarang ini ada 17 orang ya, Mereka akan dilatih dan dibina oleh instruktur perwakilan dari TNI dan POLRI. Untuk para Ketua RT/RW dari Kasi Pemerintahan Kecamatan sementara untuk PKK akan diisi oleh Ibu Camat sebagai Ketua PKK selain nanti ada Bidan Desa. Kemudian sebagai pemateri kita akan undang salah satu RW teladan dari Desa Bendungan Kecamatan Ciawi yang akan mentransfer wawasan keilmuan dan pengalamannya untuk para RW di Desa Sukakarya ini,” paparnya.

Ia berharap kedepannya sinergitas serta soliditas akan terbangun dengan sendiri-nya demi mewujudkan Desa Sukakarya lebih maju dan berkembang dengan semua lembaga yang ada saat ini.

“Hampir 70 persen kelembagaan yang ada di kita ini kan baru ya, Makadari itu saya rasa penting kiranya kegiatan ini dilakukan,” paparnya.

Hal senada dikatakan Juhdi Buldani, Ketua BPD Sukakarya, Menurutnya kegiatan tersebut selain untuk para Satlinmas Desa adalah pembinaan dan peningkatan kapasitas atau kinerja untuk para Ketua RT dan RW, MUI, PKK serta lembaga lainnya termasuk LPM.

“Iya kegiatan dilaksanakan selama dua hari dan semuanya akan diberikan pembinaan sekaligus pemaparan tentang konsep peningkatan kapasitas bagi lembaga yang ada di Desa dengan pemateri dibidangnya masing-masing termasuk juga untuk para perangkat Desa. Sementara kami dari BPD ini sifatnya hanya membantu kepanitiaan agar sesuai dengan ekspektasi.” pungkasnya. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.