20230926062517.jpg
Read Time:1 Minute, 43 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Pemerintah Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor menggelar kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) Program Ketahanan Pangan dan Hewani tahun anggaran 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri Sekcam Ciawi beserta staf Kecamatan, Kepala Desa, Sekdes dan jajarannya, BPD, Pendamping Desa, warga dan perwakilan Kelompok Tani Desa Bendungan, diruang aula Kantor Desa pada Jum’at siang (22/9/2023).

M. Sobar, Sekcam Ciawi menghimbau agar Pemdes se-Kecamatan Ciawi melaksanakan seluruh tahapan-tahapan pelaksanaan seperti halnya kegiatan yang digelar pada saat ini yakni Musdes Program Ketahanan Pangan dan Hewani tahun anggaran 2023.

Saat Musdes Ketahanan Pangan dan Hewani Tahun 2023 di Desa Bendungan Ciawi.

“Program ketahanan pangan dan hewani ini udah tahun kedua ya, hanya memang kemarin hasil evaluasi yang disampaikan oleh inspektorat Kabupaten Bogor hampir semua Desa diwilayah Kabupaten Bogor bermasalah dengan ketahanan pangan ini. Gak kebayang kalau di Kecamatan Ciawi diperiksa semuanya,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk mendapatkan arahan program ketahanan pangan tersebut dirinya mengaku langsung dari inspektorat.

“Hal seperti apa dan harus bagaimana?bahkan tadi disampaikan oleh Ketua BPD bahwa yang namanya program ketahanan pangan itu bukan dana cuma-cuma, bukan dana hibah. Tetapi ini adalah program reporting dan bergulir untuk itu harus dipertanggungjawabkan,” ucapnya.

Masih kata Sobar, Pihaknya mendapatkan arahan dari inspektorat Kabupaten Bogor bahwa program yang di tahun 2022, di tahun 2025 mendatang pun itu masih diperiksa.

“Jadi meskipun programnya di tahun 2022, nanti di tahun 2025 pun mungkin masih akan diperiksa. Kenapa demikian, karena sifatnya akumulasi. Dan tolong ini dipahami oleh seluruh Pemerintah Desa yang ada diwilayah Kecamatan Ciawi,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Hendi, Pendamping Desa Kecamatan Ciawi mengatakan bahwa untuk program ketahanan pangan dan hewani tahun 2023 ini telah disepakati oleh seluruh unsur kelembagaan yang ada.

“Saya dengar ada beberapa bidang diantaranya untuk pertanian, perikanan dan peternakan ya. Untuk peternakan tadi saya juga dengar ada penggemukan sapi, domba, bebek. Semoga apa yang diupayakan Pemdes Bendungan Ciawi untuk program tersebut dapat berjalan dengan lancar dan terealisasi dengan baik. Bahkan seperti tadi dikatakan sekaligus himbauan dari Pak Sekcam itu mesti dilaksanakan dengan cermat agar outputnya bisa dirasakan oleh warga masyarakat.” tandasnya. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 4 =