Berita_20190313082411_PenaPublik.jpg
Read Time:2 Minute, 2 Second

Nanggung, PenaPublik.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah sebuah badan usaha yang bertujuan mencari keuntungan dan nantinya digunakan sebesar-besarnya untuk kemanfaatan Desa serta warga masyarakatnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Desa Kalong Liud yang meliputi 46 RT dan 11 RW termasuk dalam wilayah Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor ini memiliki beragam potensi yang sedianya berupaya diakomodir dan dioptimalkan oleh Pemdes melalui BUMDes Berkah Bersama.

Saat tim PenaPublik menjumpai Kepala Desa dan Pengelola BUMDes Berkah Bersama diruang kerjanya beberapa waktu lalu, Jani Nurjaman, Kepala Desa Kalong Liud mengatakan bahwa BUMDes yang berdiri pada tahun 2018 dan sudah berbadan hukum pada Januari 2019 itu memiliki 6 Unit Usaha diantaranya Unit Bank Sampah, Pertanian dan Perkebunan, Peternakan dan Perikanan, Simpan Pinjam, Wisata Desa serta Unit PKBM.

“Dana surplus atau dana penyertaan dari Desa ini untuk kegiatan BUMDes terutama sasarannya kepada 4 Unit meliputi Unit Simpan Pinjam, Unit Bank Sampah, Unit Peternakan/Perikanan dan Unit Perkebunan/Pertanian,” terang Ketua Paguban Kepala Desa se-Kecamatan Nanggung tersebut.

Masih kata Jani, Ia menambahkan untuk yang berjalan saat ini baru dua unit yakni Unit Simpan Pinjam dan Unit Bank Sampah, dua unit lagi masih dalam tahapan sosialisasi dan maving.

“Maving-maving untuk potensi-potensi yang ada di Desa kami ditambah lagi dalam kurun waktu 3 minggu sekarang ini kita lagi melaksanakan maving potensi untuk Wisata Desa salah satunya kita pemanfaatan lahan pertanian, yang mana lahan pertanian ini ada 140 Hektare lahan pertanian mungkin itu juga dijadikan potensi objek Wisata Pertanian,” paparnya.

Pesawahan menjadi salah satu Pesona Desa Kalong Liud

Disamping itu juga kata Jani, masih ada potensi-potensi Desa yang menurutnya masih bisa dimanfaatkan untuk kesinambungan pemberdayaan masyarakat di Desanya yakni memanfaatkan lintasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikaniki.

“Ini salah satu potensi yang akan kita gali untuk wisata arung jeram, rafting maupun tubing di Desa Kalong Liud.
Unit Wisata rafting tersebut untuk meminimalisir pencemaran air sungai Cikaniki dan meminimalisir keterkaitan warga masyarakat yang membuang sampah ke aliran Sungai,” jelasnya.

Kades Jani Tengah Bersama Petugas Bumdes

Hal senada diakui oleh Juwita dan Imas, selaku Pengelola BUMDes Berkah Bersama, sejauh ini menurut keduanya warga masyarakat Desa Kalong Liud sudah cukup antusias dan banyak yang datang kesini.

“Iya seperti tadi dikatakan Pak Kades untuk BUMDes disini yang sudah berjalan diantaranya unit Simpan Pinjam dan unit Bank Sampah, Alhamdulillah warga cukup antusias dengan banyaknya yang datang dan mengajukan pinjaman.” pungkas Juwita diamini Imas.

Penulis : Taufik Hidayat
Editor : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *