Pilkades 2019 Melirik Nilai Silaturahmi, Semangat Lansia dan Pengguna Alat Bantu Jalan_PenaPublik (2)
Read Time:2 Minute, 12 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Hilir mudik ribuan orang nampak terlihat sedari pagi sejak pukul 07.00 WIB mulai berbondong-bondong menuju TPS yang sudah ditentukan, Ada yang berjalan kaki ada juga yang memakai kendaraan roda dua dan roda empat bahkan panitia Pilkades serta bantuan para calon menyediakan angkutan untuk menjemput dan memudahkan warga menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) karena jarak yang cukup jauh.

Pemandangan tersebut bisa disaksikan pada Minggu, 3 November yang secara serentak disetiap pelosok Desa se-Kabupaten Bogor menggelar pesta Demokrasi rakyat yang digelar tiap 6 Tahun sekali yakni Pemilihan Kepala Desa.

Disetiap lapangan atau lokasi yang sering digunakan untuk perhelatan akbar, Nampak pula puluhan pedagang dengan sengaja memanfaatkan momentum tersebut dan menawarkan berbagai jenis dagangannya kepada setiap warga. Buat mereka (para pedagang-red) tentu ini menjadi suatu pengharapan dalam meraup keuntungan.

“Pilkades bisa disebut sebagai sarana silaturahmi juga bagi warga Desa Cibeureum ini khususnya, Terbukti ketika bertemu muka kemudian berjabat tangan dengan saudara, tetangga, kerabat maupun teman sejawat terjadi juga ditempat seperti ini,” ungkap seorang tokoh agama Desa Cibeureum.

Heri, Warga Desa Cibeureum yang juga aktif di Karang Taruna Kecamatan Cisarua mengaku dirinya sebagai relawan dalam Pilkades ini membantu mengarahkan para orangtua lanjut usia (lansia) menuju TPS yang sudah disediakan oleh panitia.

“Iya ini disebutnya Lapangan Behbo Kampung Paragajen RT 2 RW 06, Memang berdekatan sekali dengan gerbang TSI. Saya hadir bersama rekan relawan lainnya membantu pelaksanaan Pilkades dengan mengarahkan orangtua atau lansia yang datang untuk mencoblos, Dari pukul 06.00 WIB kami berada dipintu masuk menuju TPS,” terang Heri sambil tangannya memegang Ibu lansia yang akan menyalurkan hak pilihnya pada Pilkades 2019 ini.

Lansia Jadi Perhatian, Relawan Beri Bantuan

Hal tersebut juga dirasakan oleh para karyawan yang bekerja di Taman Safari Indonesia (TSI), Lengkap dengan seragamnya terlihat beberapa orang karyawan memasuki tempat dimana warga menyalurkan aspirasi untuk memilih calon Kepala Desa Cibeureum yang tahun ini hanya diikuti 2 orang calon.

“Iya kang, sebagian dari karyawan TSI juga ada yang nyoblos, Ini saya ijin keluar dulu ya untuk menyalurkan hak pilih karena ada surat undangan dari panitia Pilkades Cibeureum, Setelah itu kami masuk kembali kebetulan TPS-nya berdekatan dengan tempat kerja,” ujar salah seorang karyawan lengkap dengan seragam TSI sambil menunjukkan surat undangan pencoblosan pada Minggu (3/11).

Sementara itu, Masih dalam situasi yang sama dibeberapa Desa di Kecamatan Cisarua seperti di Tugu Selatan misalnya, Nampak terlihat salah seorang warga saat turun dari motor Pespa kemudian berpegangan pada alat bantu berupa besi dipandu panitia dan Kapolsek Cisarua menuju pintu masuk TPS. Semuanya berupaya saling bahu membahu dalam rangka ikut berkontribusi mensukseskan Pilkades yang aman, nyaman dan berkeadaban.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *