Diciawi...4-Desa-Dapat-SAMISADE-Tahun-2021-Bupati-Bogor-Kades-Harus-Transparan-Soal-Anggaran-1.jpg
Read Time:1 Minute, 31 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – “Program Satu Miliar Satu Desa tahun 2021 saya nyatakan resmi dilaksanakan,” ucap Hj Ade Yasin, Bupati Bogor melalui unggahan video berdurasi 1 menit 54 detik beberapa waktu lalu ditayangkan diberbagai Whatsapp Grup.

Dijelaskan, Program Satu Miliar Satu Desa (SAMISADE) di Kabupaten Bogor tersebut dikucurkan di 40 Kecamatan dan mencakup beberapa target pembangunan diantaranya Jalan Desa/lingkungan, Jembatan/TPT, Drainase, Gorong-gorong, Sentra Ekonomi, dan Menara komunikasi.

Bupati menerangkan, Bahwa Samisade itu merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam mengembangkan pembangunan infrastruktur dan ekonomi masyarakat.

Bupati Ade Yasin Saat Resmikan Program SAMISADE Tahun 2021

“Kepada Kepala Desa beserta perangkatnya agar mampu mengelola dan memanfaatkan program tersebut secara efektif dan transparan,” tegasnya.

Ditempat berbeda, Adi Henryana, Camat Ciawi, yang ditemui seusai melakukan musyawarah dengan Paguyuban Sekdes mengatakan bahwa program Samisade untuk tahun 2021 di Kecamatan Ciawi itu sedikitnya ada 4 Desa yakni Citapen, Bojongmurni, Banjarsari dan Telukpinang yang sudah fiks positif mendapatkan program tersebut.

“Sementara yang 9 Desa lagi tetap kita usulkan supaya bisa mendapatkan program tersebut di tahun 2021. Kalau soal pencairan itu kita masih menunggu petunjuk dari Pemkab dalam hal ini DPMD,” tuturnya pada Kamis sore (25/2/2021).

Saat disinggung rata-rata tiap Desa mendapat anggaran 1 Miliar, Adi mengatakan ada yang dapat juga ada yang tidak sampai 1 Miliar.

“Ada yang 1 Miliar ada juga kisaran 800 hingga 900 juta rupiah ya, Sementara prioritas dari Samisade itu untuk infrastruktur Jalan, TPT ada juga sebagiannya irigasi(gorong-gorong),” terangnya.

Hal senada dikatakan Hendi, Pendamping Desa, Ia mengaku terkait Program Satu Miliar Satu Desa (SAMISADE) di Kecamatan Ciawi untuk tahun anggaran 2021 ini sesuai surat dari Kabupaten terdiri dari 4 Desa.

“Iya kang, yang mendapat program Samisade dari Kabupaten untuk Kecamatan Ciawi itu ada 4 Desa yakni Citapen, Bojongmurni, Banjarsari dan Desa Teluk Pinang.” tandasnya. (Fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.