0 20200620053750.jpg
Read Time:2 Minute, 15 Second

Ciomas, PenaPublik.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap dua tahun 2020 yang disalurkan Pemerintah Desa Kotabatu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor kepada puluhan warga-nya tentu membuat sumringah meskipun cuaca hujan, Namun masyarakat rela antri seperti terlihat disekitar Aula Kantor Desa pada Jum’at siang (19/06/2020).

Untuk diketahui bahwa penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa tersebut senilai Rp.600 ribu yang dibagikan selama 3 Bulan terhitung Mei hingga Juli kepada penerima manfaat sesuai dengan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang perubahan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Adapun sasaran penerima BLT Dana Desa seperti Keluarga miskin non PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata (exclusion error) dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

Menurut Ratna Wulansari, Kepala Desa Kotabatu saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan bahwa warga penerima manfaat BLT Dana Desa tahap kedua tersebut secara keseluruhan sebanyak 175 KK dari 75 RT dan 15 RW yang ada di Desa-nya. Pihaknya juga menyebutkan sesuai hasil Musdesus lalu yang tadinya double data namun saat ini sudah dialihkan sesuai musyawarah dan berita acara.

“Alhamdulillah hari ini Jum’at kami menyalurkan BLT Dana Desa tahap kedua, Setiap orang mendapatkan 600 ribu rupiah data-nya sesuai dari Pemerintah Pusat memang bukan Desa yang memilah dan memilih memang kami akui diluar sana masih banyak masyarakat yang belum tercover. Tapi kami pastikan penerima manfaat ini tidak ada yang double data karena sesuai dengan hasil Musdesus kemarin,” tuturnya ramah.

Warga Mengantri Saat Pembagian Dana Desa

Masih kata Ratna, Lanjutnya Ia menambahkan sekaligus berpesan kepada warga penerima manfaat BLT agar benar-benar dapat menggunakannya sebaik mungkin untuk keperluan seperti belanja sembako dan kebutuhan urgent lainnya.

“Untuk BLT khusus Dana Desa ini kami mengeluarkan sebesar 105 juta dibagikan senilai 600 ribu kepada warga di 15 RW dari 75 RT masing-masing tiap RT ada yang dua hingga tiga orang. Terima kasih kepada Pemerintah baik itu Pusat, Provinsi dan Pemkab Bogor atas bantuan untuk warga masyarakat khususnya di Desa Kotabatu ini,” paparnya.

Nyai Rohanah (63 tahun), Salah seorang warga di Kampung Kotabatu RT 2 RW 10 yang sehari-hari sebagai IRT mengaku sangat senang dengan adanya perhatian dari Pemerintah dimana Ia mendapatkan bantuan uang sebesar Rp 600 ribu. Dengan uang tersebut akan Ia manfaatkan untuk keperluan dan kebutuhan dapur seperti membeli sembako dan kebutuhan penting lainnya.

“Kepada Pemerintah saya ucapkan terima kasih banyak, Semoga semua-nya diberikan kesehatan lahir bathin. Alhamdulillah uang ini akan saya pakai untuk keperluan sehari-hari didapur, Mudah-mudahan juga musibah korona ini segera berlalu sehingga ekonomi pulih kembali.” pungkas Nyai seorang janda beranak tiga tersebut penuh harap.

Reporter : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 19 =