Penapublik 20230209222743.jpg
Read Time:2 Minute, 19 Second

KOTA BOGOR, PENAPUBLIK.COM – Peringatan Hari Pers Nasional 2023 dan HUT PWI ke 77, berlangsung sederhana di gedung PWI Kota Bogor, Jalan Tirto Adhi Soerjo, Tanah Sareal, Kota Bogor.

Acara tersebut diisi syukuran do’a bersama dan pemotongan tumpeng, diikuti pengurus dan anggota PWI Kota Bogor serta sejumlah tamu undangan, diantaranya unsur Forkopimda Kota Bogor, dan mitra strategis PWI Kota Bogor dari berbagai kalangan pada Kamis (9/2/2023).

Arihta Utama Surbakti, Ketua PWI Kota Bogor dalam sambutannya menyampaikan bahwa Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 ini mengangkat tema Pers Bebas Demokrasi Bermartabat itu merupakan momentum bagi seluruh insan pers.

Terlebih kata Ari, dimana saat ini memasuki tahun politik. Pers dan berbagai pihak mesti menunjukkan harmonisasi dan sinergi. Sehingga kolaborasi sekaligus harmonisasi seluruh insan pers di Kota Bogor dengan Forkopimda juga dapat terus terbangun dengan baik akan tetapi mampu menjunjung tinggi netralitas.

“Di tahun politik seperti saat ini insan pers harus dalam posisi yang netral dan independen meskipun memang secara personal wartawan juga adalah warga negara yang punya hak politik,” tuturnya.

Sedangkan untuk pengertian Pers Demokrasi Bebas Bermartabat harus dijalankan dengan kejujuran, keadilan dan kebenaran.

Arihta juga kembali mengingatkan kembali tagline ‘Wartawan Benar, Benar Wartawan’ agar menjadi pedoman kepada seluruh insan pers yang hadir.

“Filosofinya wartawan benar adalah wartawan yang sudah terdata atau tersertifikasi di Dewan Pers melalui uji kompetensi, adapun benar wartawan adalah dari produk dan karyanya berdasarkan kebenaran, karena tugas wartawan adalah mengawal kebenaran, dan berpihak pada kebenaran,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Arihta yang menjabat Ketua PWI Kota Bogor selama dua periode itu berbangga hati masih dapat merayakan HPN 2023 pada tahun terakhirnya tersebut.

“Pak Kapolresta Bogor Kota yang baru juga menunjukkan kedekatannya pada insan pers, pada hari ini memberikan kado yakni menyerahkan bantuan Marbot Mart untuk Masjid An-Naba PWI Kota Bogor. Marbot Mart dari niat yang baik akan berhasil dengan baik, dan Insya Allah akan bermanfaat, PWI juga memiliki koperasi yang bisa bersinergi dengan Masjid An Naba,” papar Ari.

Ditempat yang sama, Dedie A Rachim, Wakil Wali Kota Bogor yang menghadiri perayaan HPN 2023 mengucapkan rasa syukur dan berterimakasih kepada seluruh insan pers, dan pelaku usaha pers, yang selama ini sudah bersama-sama mengawal berbagai program Pemkot Bogor.

“Termasuk selama masa pandemi bersama-sama mengatur ritme tetap memberikan motivasi kepada masyarakat untuk tidak cepat putus asa, dan terus memberikan optimisme masa depan yang saat ini (disebut-sebut) masuk resesi,” kata Dedie yang pernah menjabat sebagai Direktur PJKAKI KPK.

Dedie juga menyampaikan momentum tahun politik ini dapat mengawal proses Demokrasi menuju Pemilu 2024 dengan damai, dan menghasilkan para pemimpin baik ditingkat Nasional, maupun ditingkat Daerah sesuai harapan masyarakat.

Masih kata Dedie, Memasuki tahun demokrasi, meskipun berbeda-beda warna tetapi tetap berupaya hadir dalam acara ini.

“Kedepan mudah-mudahan pers kita kedepan bisa memberikan kesejukan dengan berita positif.” tandasnya. (Fik/J1).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × two =