Dampak-Angin-Puting-Beliung-Dipasir-Angin-Belasan-Rumah-Warga-Rusak-1.jpg
Read Time:2 Minute, 2 Second

MEGAMENDUNG, PENAPUBLIK.COM – Bencana alam angin puting beliung yang melanda dua Desa di Kecamatan Megamendung yakni Pasir Angin dan Cipayung Datar pada Rabu petang sekitar pukul 16.00 WIB (3/3/2021) menyisakan kepedihan dan keprihatinan mendalam terutama bagi warga yang terdampak.

Seperti yang terjadi di Kampung Cikatapis Setu, Desa Pasir Angin, Sedikitnya 11 unit rumah mengalami kerusakan, 2 unit diantaranya mengalami rusak berat terjadi di 3 wilayah RT yakni RT 3, 4 dan 5 RW 05.

“Iya, Kampung Cikatapis Setu RT 03/05 itu 1 unit, RT 04 ada 5 unit dan RT 05 itu sebanyak 5 unit rumah jadi total 11 unit rumah dihuni 14 KK.
2 unit diantaranya mengalami rusak berat. Kami senantiasa berupaya membantu warga sekitar yang terdampak angin puting beliung yang terjadi kemarin sore,” papar Asep Suhandi, Ketua Karang Taruna Mekar Mulya Desa Pasir Angin, Kecamatan Megamendung saat ditemui dilokasi bencana pada Kamis (4/3/2021).

H. Endang Setiawan Kepala Desa Pasir Angin Saat Diwawancarai Awak Media

Asep Suhandi atau biasa disapa Iyong menuturkan, Kronologis kejadian saat itu hujan deras disertai angin sangat kencang pada pukul 15.30 WIB dan pukul 16.00 WIB beberapa atap rumah warga tersapu angin tersebut. Dirinya beserta Sekdes, Camat Megamendung, Babinsa, Bhabinmas dan team BPBD langsung turun ke lokasi bencana dan membantu membersihkan serta mengevakuasi salah satu warga RT 5/05 yang mengungsi kerumah tetangga.

“Saya apresiasi Pak Camat, Pak Sekdes juga BPBD yang langsung turun meninjau langsung ke lokasi bencana setelah kejadian. Hasil assesment Karang Taruna sih jumlah rumah yang terdampak ada 11 unit ya rata-rata atapnya yang rusak, 8 orang warga RT 5 RW 05 terpaksa diungsikan kerumah tetangganya,” papar Iyong.

Sementara itu H. Endang Setiawan, Kepala Desa Pasir Angin saat dimintai tanggapannya mengaku soal kronologis kejadian tersebut dirinya tidak mengetahui banyak.

“Sebanyak 8 rumah warga yang terdampak. Ada yang rusak ringan, sedang dan yang parah 2 unit rumah diantaranya mengalami kerusakan cukup berat. Kejadiannya sih saya gak tau persis ya hanya pas hujan itu sekitar pukul 14.00 WIB kalo gak salah,” terangnya.(4/3/2021).

Begitu mengetahui ada kejadian menimpa rumah warga-nya, Ia memberikan intruksi kepada pengurus Karang Taruna Desa. saya libatkan untuk membantu mengurus warga yang terdampak.

“Iya kemarin saya liat Pak Camat, Sekdes, Pengurus Karang Taruna, Babinsa, Bhabinmas dibantu relawan BPBD mendatangi lokasi di Kampung Cikatapis. Sudah kami koordinasikan dengan pihak BPBD, Dinsos Kabupaten Bogor dan Dinas terkait.” pungkasnya.

Reporter : wan/Acil

Editor : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.