Berita_20190215061856_PenaPublik.jpg
Read Time:1 Minute, 54 Second

Sentul, PenaPublik.com – Wakil Bupati Bogor, H. Iwan Setiawan yang sedianya menghadiri kegiatan Penyusunan Rencana Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mengaku cukup terkejut dan merasa kecewa saat memberikan sambutan, dirinya melihat masih banyak tempat duduk yang kosong karena dari 40 Kecamatan yang ada di Bumi Tegar Beriman ini hanya bisa dihitung dengan jari yang datang menghadiri kegiatan yang digelar di Hotel Olimpic Renotel Sentul, pada Kamis siang tadi (14/2).

“Ya saya cukup terkejut aja ya, dengan kehadiran para Camat yang ada di Kabupaten Bogor ini dari 40 Kecamatan yang diundang yang datang dan hadir itu bisa dihitung dengan jari. Itupun diwakilkan kepada para Kasie-nya,” kata orang nomor dua di Kabupaten Bogor ini.

Masih kata Iwan, Ia menambahkan pihak Pemerintah Daerah tentunya tidak akan mengetahui berapa persen tingkat risiko bencana di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor ini jika para pemimpin disetiap Daerah atau wilayah tersebut tidak hadir.

“Seharusnya para Camat itu sebagai pemimpin tertinggi di suatu wilayah itu wajib datang dan hadir untuk memberikan laporan terkait bencana. Ini kan Rencana Kerja yang akan di masukkan anggaran untuk mereka yang ada di wilayah Kecamatan, jika hari ini tidak datang, bagaimana Pemerintah Daerah tau, maka dari itu jika yang tidak hadir hari ini tidak perlu diajukan Anggaran Penanggulangan Bencana nya, agar belajar untuk bertanggung jawab bukan malah diwakilkan,” tegasnya berikan singgungan.

Kegiatan Penyusunan Rencana Kerja BPBD Kabupaten Bogor

Mestinya, kata Wabup, meskipun hari ini banyak kegiatan, Camat harusnya wajib datang jangan hanya mewakilkan kepada Kasie. Karena yang namanya bencana bisa terjadi kapan dan dimana saja tanpa di rencanakan. Oleh karena itu lanjut H. Iwan dirinya meminta harus ada laporan khusus dari Pimpinan wilayah yaitu Camat.

“Sekali lagi saya katakan saya cukup kecewa sekaligus prihatin karena minimnya melihat kehadiran SKPD diantaranya Camat hari ini, dan saya menghimbau agar jangan menyepelekan bencana dan penyusunan renja di awal tahun ini untuk tahun 2020 sangat bagus dan penting.” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Kegiatan penyusunan rencana kerja BPBD tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati Bogor H.Iwan Setiawan, Budi Plt.Kepala BPBD Kabupaten Bogor, Suhra Sekretaris BPBD Provinsi Jawa Barat, Kabid Renjarid Provinsi Kabupaten Bogor, Kepala SKPD Kabupaten Bogor, Kasie mewakili para Camat, Para Pegiat Dan Pemerhati Bencana, Pimpinan Dunia Usaha serta Akademisi di Lingkup Bogor.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.