Bupati-Bogor-Himbau-Camat-dan-Kepala-Desa-Jangan-Memberatkan-Masyarakat-dalam-Program-PTSL.jpg
Read Time:1 Minute, 55 Second

BOGOR, PENAPUBLIK.COM – Terkait program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Bupati Bogor Hj Ade Yasin memberikan pesan moral sekaligus menghimbau dan meminta Camat, Lurah atau Kepala Desa agar turut berperan aktif dalam upaya mensukseskan program tersebut.

“Saya meminta Camat, Lurah, dan Kepala Desa untuk berperan aktif sukseskan program PTSL bekerjasama dengan unsur Forkopimcam, para Ketua RT/RW dan Tokoh Masyarakat,” ujar politikus Partai Persatuan Pembangunan tersebut.

Ade Yasin juga menegaskan kepada seluruh unsur yang bertugas agar memproses sesuai ketentuan, Jangan memberatkan masyarakat dan harus transparan hal tersebut guna menghindari permasalahan hukum di kemudian hari.

“InsyaAllah semua Desa dan Kelurahan di Kabupaten Bogor akan memperoleh pensertifikatan tanah melalui program PTSL baik dengan APBN maupun APBD yang diberikan secara bergiliran se-Kabupaten Bogor. Mohon bersabar dan do’akan tidak ada kendala apapun,” tandasnya saat memberikan sambutan didepan para Camat serta Kepala Desa bertempat di Gudang Manggis Cibungbulang beberapa waktu lalu.

Pemerintah Kabupaten Bogor kata Ade turut serta membantu menyukseskan dan mendukung program Nawacita Presiden RI melalui Kementerian ATR/BPN dalam upaya mewujudkan kepastian hukum hak atas tanah dan meningkatkan standar kompetensi SDM menuju birokrasi pertanahan berstandar Dunia.

Ditempat yang sama Sepyo Achanto, Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bogor dan jajaran DPRD yang telah mendukung kegiatan PTSL di Kabupaten Bogor.

Menurutnya, Pelaksanaan kegiatan PTSL untuk tahun 2021 didukung, selain anggaran APBN, juga didukung anggaran APBD Kabupaten Bogor sejak tahun 2017 sampai 2021 pihaknya terus melaksanakan program tersebut dan mewujudkan selesainya program di seluruh Kabupaten Bogor pada tahun 2024.

“Tahun 2021 target yang dilaksanakan di kantor induk untuk Peta Bidang Tanah (PBT) sejumlah 121.406 bidang dan terealisasi 121.452 bidang. Sementara Sertifikat Hak atas Tanah (SHT) ditargetkan sebanyak 112.880 bidang dan terealisasi 111.218 bidang. Untuk kegiatan yang dilaksanakan di kantor perwakilan, target Peta Bidang Tanah (PBT) sebanyak 21.500 bidang, terealisasi 21.502 bidang, sedangkan Sertifikat Hak atas Tanah (SHT) target 5.411 bidang, terealisasi 5.097 bidang,” papar Sepyo.

Dengan demikian lanjut Sepyo, Keseluruhan target PBT di Kabupaten Bogor sebanyak 142.906 bidang, terealisasi 142.954 bidang atau 100 persen. SHT target seluruhnya 118.291 bidang, terealisasi 116.315 atau 98,3% yang terdiri di 10 Kecamatan dan 37 Desa.

“Iya, Hari ini diserahkan secara simbolis dari keseluruhan realisasi, sertifikat PTSL sebanyak 173 bidang kepada masyarakat.” pungkasnya. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.