Di-Smesco,-Puteri-Persahabatan-2019-Ikut-Bebersih-Ciliwung
Read Time:1 Minute, 48 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia bersama beberapa pihak dan berbagai komunitas peduli lingkungan mengadakan kegiatan Bebersih Ciliwung, Kegiatan tersebut sebagai upaya perlindungan dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung.

Sedari pukul 06.30 WIB para peserta kegiatan sudah berkumpul kemudian diberikan beberapa pengarahan dari koordinator acara, Gerakan memungut sampah di mulai dari hulu hingga hilir secara serentak dengan jumlah peserta kurang lebih dari 8.000 orang, pada Minggu (23/6).

Kegiatan yang dilaksanakan di 33 Kecamatan dengan lokasi Bebersih Sampah di 36 lokasi ini bertujuan untuk mewujudkan sungai Ciliwung yang bersih, indah, dan lestari. Sehingga nantinya dapat memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar sungai Ciliwung.

Dalam sambutannya, Menteri KLHK, Siti Nurbaya Bakar memberikan apresiasinya kepada seluruh komunitas yang telah memberikan sumbangsih terhadap perbaikan kualitas sungai Ciliwung ini.

“Terima kasih kepada para pegiat lingkungan di DAS Ciliwung yang sudah memberikan sumbangsih terhadap perbaikan kualitas Sungai Ciliwung,” tuturnya.

Persiapan Bersih-bersih sungai ciliwung

Di Kecamatan Cisarua atau tepatnya bertempat di Grand Smesco, Kelurahan Cisarua, kegiatan bebersih Ciliwung diikuti oleh sekitar 170-an orang dari beberapa komunitas seperti Ecovillage, Pegiat Peduli Lingkungan dan pelajar serta gerakan Pramuka tentunya bersama KLHK RI, DLH Kabupaten Bogor.

Disamping itu juga yang menarik adalah kehadiran Puteri Persahabatan Indonesia tahun 2019, Diah Ayu Lestari. Saat dijumpai sebelum kegiatan dimulai dirinya mengatakan bahwa kedatangan yang pertama kali ini di Grand Smesco untuk hadir bersama-sama komunitas yang ada disini.

“Ya ini kedatangan saya pertama kali kesini untuk bantu-bantu bebersih dan live report kegiatan yang dilakukan oleh rekan-rekan para pegiat lingkungan hidup juga pengen tahu bagaimana sih kegiatan bebersih sampah disini,” terangnya.

Masih kata Diah, Ia menambahkan selain itu kegiatan ini juga dalam rangka memecahkan rekor MURI yang diikuti ribuan orang dan di Cibinong sana telah hadir Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI beserta jajarannya.

“Pesan moralnya adalah lebih memicu orang untuk lebih tersadar akan pentingnya menjaga dan membersihkan Sungai Ciliwung ini. Jadi semua itu kembali kepada habit atau kebiasaan secara scientificly research membutuhkan 21 hari untuk bisa merubah kebiasaan yang berawal dari diri sendiri bagaimana caranya tidak buang sampah sembarangan.” pungkasnya.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.