Diguyur 25 Juta Rupiah, Beginilah Kondisi Monumen Pramuka di Puncak_PenaPublik (1)
Read Time:2 Minute, 15 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Patung Tugu Pramuka yang berada di Jalan Raya Puncak, Masih tegak berdiri meskipun selama puluhan Tahun terkesan tidak terawat dan banyak dipenuhi sampah disekitarnya. Namun saat ini sedang dalam tahap renovasi dan dalam waktu dekat akan rampung. Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, Anggaran perbaikan tersebut bersumber dari Pramuka Peduli Kwarcab Kabupaten Bogor senilai 25 juta rupiah untuk Kwartir Ranting Cisarua, Meskipun hal tersebut kurang mencukupi terutama untuk tahap finishingnya.

Tidak sedikit warga Puncak, Kecamatan Cisarua khususnya yang menaruh harapan agar patung Tugu atau monumen Pramuka tersebut senantiasa dapat terjaga dan menjadi salah satu simbol dalam melestarikan kearifan lokal. Disekitar lokasi perbaikan nampak terlihat beberapa orang sedang melakukan aktivitas pengerjaan.

Menurut Mayor Inf. Ariz, Danramil Cisarua-Megamendung saat meninjau pengerjaan monumen Pramuka, Pihaknya sebagai bagian dari unsur Mabiran mengatakan meskipun hanya sebatas perhatian namun tetap berupaya semaksimal mungkin membantu berkoordinasi dengan pihak-pihak lain yang terketuk hatinya berkontribusi dan sumbangsihnya bagi pembangunan monumen.

“Iya kemarin ketemu Kak Kwarran Cisarua dan lihat kesitu, Kita diskusi terkait rehab patung ini yang sekiranya masih butuh biaya kita cari solusi-nya bersama-sama atau siapa tau mungkin dari rekan-rekan ada juga yang mau membantu,” tuturnya melalui pesan Whatsappnya pada Kamis (7/11).

Diakuinya, Patung-patung yang ada disekitar Puncak cukup banyak yang bagus hanya saja mungkin belum ada yang memberikan perhatian khusus untuk hal itu. Bahkan dirinya menuturkan seandainya diawal kemarin tidak ada yang memperhatikan soal patung tersebut mungkin tidak akan seperti sekarang ini yang langsung diperbaiki.
Oleh karena-nya Ia mengapresiasi upaya dan kontroling dari salah satu komunitas yang tergerak hatinya.

“Patungnya sih sudah cukup oke hanya saja perlu diperbaiki dikit aja biar proporsional artinya berimbang baik bentuk manusianya secara utuh biar badan, kaki, kepala itu agar enak dipandang serta dilihatnya. Fungsi kontroling dan pengawasannya sangat responsif, menggugah kami,
Terima kasih atas perhatiannya,” kata Ariz.

Sementara itu ditempat berbeda, Sofyan, salah satu pengurus DKR Kecamatan Cisarua mengaku bahwa perbaikan untuk monumen pramuka bsrkisar 25 juta.

“Iya kami Gerakan Pramuka Cisarua mendapat suntikan dana sebesar Rp. 25.000.000 dari Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor dan masih sedang berupaya mencari dana agar peremajaan Tugu Pramuka menjadi lebih baik,” aku-nya.

Danramil Cisarua Saat Meninjau Monumen Pramuka

Masih kata Sofyan, Ia menambahkan jika masih kurang maksimal dan proporsional bahkan pengerjaannya mohon dimaklum karena jika mengejar hal tersebut tentunya membutuhkan anggaran yang cukup banyak.

“Kemarin sudah dijelaskan juga ke Pak Danramil bahwa kalau mau ngejar proporsional membutuhkan biaya yang tak sedikit memang teori kadang tak diimbangi dengan anilisa mendalam kaitan finansial yang ditimbulkan melihat patung dari jarak dekat memang begitu terlihatnya tapi kalau orang melihat dari jauh beda juga memandangnya, Segini juga udah lumayan.” pungkasnya.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.