20221206191850.jpg
Read Time:1 Minute, 29 Second

MEGAMENDUNG, PENAPUBLIK.COM – Bertempat diruang aula Cahaya Village Hotel, Jalan Raya Puncak KM 60 nomor 44 Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor menggelar kegiatan Sosialisasi Pengurangan Sampah diikuti sebanyak 60 orang peserta mewakili 3 Kecamatan meliputi Ciampea, Ciawi dan Kecamatan Megamendung.

Kegiatan tersebut dihadiri dan diresmikan secara langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ade Yana didampingi Kasi Pengurangan Sampah digelar pada Selasa (6/12/2022).

“Pesertanya ada 60 orang masing-masing mewakili Kecamatan Ciampea, Ciawi dan Megamendung diikuti unsur kader Posyandu, Staf Desa, Karang Taruna dan pegiat lingkungan,” ucap Nur, Kasi Pengurangan Sampah DLH Kabupaten Bogor.

Diakuinya kata Nur, Terkait peserta dalam kegiatan tersebut lebih diprioritaskan untuk kategori pemula dalam penerapan program dan sosialisasi Pengurangan Sampah.

“Ya ga apa-apa sih paling tidak yang sudah menerapkan program Bank Sampah dilingkungannya bisa sharing wawasan keilmuan dengan teman-teman didalam kegiatan ini,” tuturnya.

Samsul, Salah seorang peserta mewakili Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi mengatakan kegiatan yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor dalam upaya pengurangan sampah diakuinya cukup bermanfaat dan positif.

Namun demikian kata Samsul, Alangkah baiknya semua Desa dilibatkan dalam kegiatan tersebut kedepannya.

Bank Sampah LIBBS di RT 2 RW 03 Desa Banjarsari Kecamatan Ciawi.

“Di desa Banjarsari saja soal tempat penampungan sampah cukup kewalahan karena hanya ada 1 tempat pembuangan sampahnya sementara warga dari mana-mana buang disitu,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi pengurangan sampah tersebut Ia dan rekan-rekannya berharap adanya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) skala Kecamatan.

“Penerapan Bank Sampah sedikit banyak bisa mengurai permasalahan sampah dilingkungan meskipun mungkin tidak maksimal tetapi setidaknya ada upaya dari warga masyarakat seperti di Desa Banjarsari salah satunya disana ada Bank Sampah LIBBS di RT 2 RW 03 yang sudah berjalan 2 tahun belakangan ini dan cukup terlihat aktif sampai sekarang.” pungkasnya. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 1 =