2024 05 20 05 52 39.png
Read Time:1 Minute, 11 Second

CISARUA, PENAPUBLIK.COM – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke 116 yang jatuh pada 20 Mei tahun 2024 ini dengan tema Bangkit Untuk Indonesia Emas.

Tema tersebut dilatarbelakangi oleh sebuah harapan agar seluruh warga masyarakat Indonesia dapat bangkit untuk memajukan persatuan dan kesatuan Bangsa.

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang mulai digaungkan pada 1908 silam dengan ditandai Boedi Utomo merupakan momentum nasional awal mula rasa dan semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme dan kesadaran bangsa Indonesia bangkit memperjuangkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bangkitnya perjuangan bersifat kedaerahan menjadi kesadaran nasional yang menyatukan seluruh kekuatan.

Menurut Iwan Syafwan, Salah seorang tokoh aktivis di kawasan Puncak mengatakan bahwa Harkitnas merupakan peringatan nasional yang usianya sudah cukup tua dalam catatan sejarah bangsa Indonesia.

Kebangkitan kata Iwan Meichin biasa disapa tentunya harus ada yang naik-tumbuh ke arah yang lebih baik.

“Terutama pada sektor karakter bangsa dan elemen pergerakan serta perjuangan lainnya. Harkitnas dari tahun ke tahun melahirkan suatu kebangkitan baru yang bisa kita banggakan? saya kira masih banyak yang harus di evaluasi. Bukan sekedar seremoni melainkan harus menjadi titik tolak kebangkitan positif yang konkrit dan nyata,” tuturnya.

Ditempat terpisah, Rudi Susmanto, Ketua DPRD Kabupaten Bogor mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tidak melupakan jasa para pahlawan.

“Selamat Harkitnas 2024. Saya berharap jangan pernah kita lupakan jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang di berbagai daerah di Tanah Air, yang telah membangkitkan semangat pembangunan nasional.” pungkas Rudy Susmanto pada Senin (20/5/2024). (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *