2023 12 31 06 17 33.png.jpg
Read Time:1 Minute, 54 Second

BANDUNG, PENAPUBLIK.COM – Kejadian gempa yang terjadi diwilayah Jawa Barat pada Minggu 31 Desember 2023, sedikitnya ada 4 kejadian gempa dibeberapa titik diantara-nya pada pukul 11.52 WIB diwilayah Kabupaten Pangandaran dengan skala magnetik 5.0 kedalaman 10 KM, Disusul kemudian pada pukul 14.35 WIB diwilayah Kabupaten/Kota Sumedang skala magnetic 4.1 kedalaman 10 KM dan terjadi kembali pada pukul 15.38 WIB skala mag : 3.4 kedalaman 6 KM, tepat pada pukul 20.35 WIB diwilayah Kabupaten Sumedang skala magnetik 4.8 kedalaman 10 KM.

Saat ini warga yang terdampak gempa tengah dilakukan evakuasi

“Di wilayah Sumedang 3 kali gempa berturut-turut. Mudah-mudahan tidak ada korban jiwa,Aamiiin,” ucap Asep, salah seorang warga setempat pasca kejadian gempa yang menimpa wilayah Sumedang.

Beredar pula video amatir dari warga setempat diberbagai medsos dan Whatsapp Grup pasca terjadi gempa berkekuatan 4.8 SR tersebut.

“Rumah pada rubuh, di Babakan Hurip ini korbannya dimana ada seorang kakek terdampak gempa terlihat tengah dievakuasi warga sekitar.” ujar Derry dalam akun medsos-nya pada Minggu malam sekitar pukul 22.00 WIB (31/12/2023).

Sementara itu informasi berhasil dihimpun redaksi bersumber dari KAKANSAR Jawa Barat terkait update pasca gempa di Sumedang sampai pukul 23.30 WIB dibeberapa titik terdampak diantara-nya sebagai berikut :

1. RSUD ada 248 pasien rawat inap dan 83 pasien IGD ditempatkan di halaman RS dan 5 tenda yang ditempatkan di Jalan Raya yang sudah ditutup.

2. Ada 3 bangunan Rumah Sakit yang retak diantara-nya gedung Paviliun, VIP dan Sakura serta sedang dilakukan pengecekan tim konstruksi.

3. RS Pakuon kondisi aman seluruh pasien sudah di evakuasi keluar RS ketempat yang aman.

4. Petugas sudah dikerahkan untuk assesment sampai detail terhadap daerah terdampak.

5. Di daerah Babakan Hurip ada 53 unit rumah rusak dan kurang lebih ada 200 warga sudah diungsikan di tiga lokasi lapangan.

6. Sedang dibangun tenda lapangan di Babakan Hurip untuk menampung warga terdampak.

7. Untuk posko utama di Pos Pam Nataru depan alun-alun Sumedang dan Posko informasi juga berada di alun-alun Sumedang.

8. Penjabat Bupati Sumedang memastikan kondisi Sumedang aman terkendali dan menghimbau warga untuk tetap tenang dan jika ada gempa susulan bisa langsung keluar rumah.

9. Terkait keretakan di Twin Tunel Tol Cisumdawu, Forkopimda masih berkoordinasi dgn CKJT (pengelola Tol Cisumdawu).

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 8 =