Berita_IMG_20181116_131750_PenaPublik.jpg
Read Time:1 Minute, 48 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Bertempat di Villa Rembang Cisarua, puluhan siswa-siswi SMK Amerta Megamendung digembleng kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) sebagai kurikulum wajib di Sekolah (12/11). Pelatihan tersebut melibatkan juga para nara sumber yang berkompeten di bidangnya seperti dari Guru Bimbingan Konseling, Ketua KNPI, Karang Taruna Kecamatan, selain itu peserta juga disuguhkan dan dibekali materi-materi dari berbagai macam keilmuan serta etika komunikasi.

Seperti dikatakan Ilya Arfah, Ketua Panitia LDK, dirinya menuturkan bahwa tujuan diadakan Latihan Dasar Kepemimpinan bagi siswa-siswi SMK Agribisnis dan Agroteknologi AMERTA Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor ini adalah menumbuhkan kepercayaan diri sehingga dapat terbentuk jiwa kepemimpinan kedepannya.

“Target dan sasaran dengan kegiatan ini para siswa maupun siswi supaya memiliki kepribadian yang lebih baik lagi, mereka bisa lebih percaya diri dalam menyampaikan ide-ide maupun saran . Diharapkan kedepannya bisa menjadi pemimpin nantinya karena sebagian peserta disini ada yang akan menjadi calon pemimpin atau ketua OSIS yang akan ditempa disini kita latih disini supaya menjadi pemimpin di Sekolahnya,” jelasnya.

Ilya Arfah, Ketua Panitia LDK

Ternyata SMK yang dikenal sebagai sekolah berbasis lingkungan ini baru pertama kali mengadakan kegiatan LDK seperti ini.

“Kegiatan sedianya digelar dua hari, sejak hari Senin hingga Selasa (12 – 13/11) yang diawali dengan pembukaan. Diikuti oleh kelas 10 dan 11 dan kegiatan LDK ini baru pertama kali kami laksanakan,” Tambahnya.

Materi materi terkait dengan keorganisasian, dasar-dasar kepemimpinan, wawasan kebangsaan dan juga etika komunikasi yang mana diajarkan bagaimana cara berkomunikasi dengan baik.

Latihan Dasar Kepemimpinan ini sejatinya merupakan pendidikan karakter yang harus dimulai dari pondasi atau hal yang paling dasar, bagaimana cara berperilaku dan berkomunikasi dengan baik.

Maka dari itu dimulai dari religi/akhlaqnya mereka juga dibekali supaya tidak terkontaminasi dari hal hal yang tidak diinginkan.

Zen Zaenal, Tengah Menjadi Narasumber

Sementara itu ditempat yang sama dikatakan Zen Zaenal, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cisarua yang kebetulan menjadi nara sumber mengapresiasi adanya kegiatan ini.

“Yang pasti kegiatan LDK yang dilakukan oleh SMK Amerta ini sangat bagus dan baik, jadi ini bagian dari regenerasi khususnya di SMK Amerta ini bisa lebih mengenal organisasi ketika masuk dalam organisasi yang memang berperan aktif dan bermanfaat bagi masyarakat.” Imbuhnya.

Reporter : Taufik, Adeas

Editor : Adeas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.