PenaPublik_BPD-Kab-Bogor.jpg
Read Time:2 Minute, 12 Second

MEGAMENDUNG, PENAPUBLIK.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melalui bidang Kesiapsiagaan menggelar pelatihan pengembangan kapasitas bagi Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Provost. Pelaksanaan kegiatan dihadiri secara langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor, Kabid, Kasi, BPBD Provinsi Jawa Barat, PMI, PM Kostrad dan instansi lainnya serta serta puluhan peserta mewakili TRC, Bertempat di Hotel Megamendung Permai, Kecamatan Megamendung pada 26 – 28 Juli 2022.

Menurut Ponco Sugianto, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor disela-sela kegiatan mengatakan tujuan pelatihan pengembangan dan peningkatan kapasitas TRC sekaligus Bimtek bagi Provost yang dibuka secara langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor tersebut dimaksudkan sebagai penguatan wawasan keilmuan dan peningkatan kapasitas TRC kebencanaan.

“Adapun peserta berjumlah 46 orang meliputi 40 orang teman-teman dari TRC dan 6 orang dari Provost. Berlangsung dari tanggal 26 hingga 28 Juli 2022,” terangnya pada Selasa pagi (26/7).

Pihaknya berharap dengan kegiatan tersebut khususnya bagi rekan-rekan TRC mampu merepresentasikan bahkan meningkatkan kemampuan serta skill yang mumpuni terkait penanggulangan bencana.

Memilih tempat didaerah pegunungan dengan hawa kesejukkan kata dia, setidaknya menjadi salah satu sarana penghibur atau refreshing karena mungkin selama ini teman-teman selalu berjibaku dilapangan atau dilokasi bencana.

“Iya, Disamping kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas bagi TRC dan teman-teman dari Provost, selain itu pun bisa terhibur atau bahasa gaulnya saat ini healing gitu lah buat mereka,” ujarnya.

Harapan lain kata Ponco meski secara keseluruhan jumlah TRC itu ada kurang lebih 120 orang, Kendati demikian saat ini yang mengikuti baru 40 orang karena terbentur dengan anggaran.

“Idealnya memang semuanya ya, tapi karena anggaran juga belum memadai, Mudah-mudahan ditahun mendatang masih ada kesempatan bisa ikut semua. Kalo di acc oleh Pemerintah Daerah insyaAllah nanti bisa kita libatkan 120 orang TRC tersebut biar semua merasakan lah,” paparnya.

Menurutnya, Para pemateri yang mengisi kegiatan pelatihan tersebut terutama dari
BPBD Provinsi Jawa Barat dan pemateri yang kompeten dibidangnya termasuk dari PMI juga TNI.

“Alhamdulillah tadi saat pembukaan dihadiri langsung oleh Pak Budi Juanda Sekban BPBD Provinsi Jawa Barat juga teman-teman dari TNI tepatnya PM Kostrad yang di Pomad. Semoga ilmu yang diberikan dipelatihan ini dapat dioptimalkan dan dimaksimalkan oleh teman-teman di TRC. Minimal tidak dijadikan beban saat bertugas nanti ya,” harapnya.

Sementara itu Juweni, Salah seorang perwakilan TRC peserta kegiatan mengaku bangga dirinya dilibatkan dalam pelatihan peningkatan dan pengembangan kapasitas yang digelar BPBD Kabupaten Bogor tersebut.

“Alhamdulillah, Tentu senang dengan mengikuti pelatihan ini karena sedikit banyak bisa menunjang kemampuan dan mengasah skill khususnya untuk Tim Reaksi Cepat (TRC) kebencanaan sekaligus bisa terjun atau tugas langsung ke lokasi bencana dan diisi oleh pemateri yang kompeten dibidangnya. Kemampuan memang harus diasah agar terampil dan cekatan terlebih yang sifatnya kebencanaan.” pungkasnya. (Fik/Uwa).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.